Reformasi Birokrasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perizinan Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Ntt

Detail Cantuman

Tesis

Reformasi Birokrasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perizinan Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Ntt

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Reformasi Birokrasi dan Kualitas Pelayanan Perizinan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan model Interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman (1984). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret hingga April 2022 pada Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan informan berjumlah 20 orang yang terdiri dari pegawai maupun pemohon izin sebagai pengguna layanan perijinan. Fokus dalam penelitian adalah pelaksanaan reformasi birokrasi pada beberapa aspek dalam meningkatkan kualitas pelayanan perizinan. Penulis menggunakan pendapat Dwiyanto (2006) tentang aspek perubahan reformasi birokrasi yang terdiri atas : penataan Sumber Daya Manusia, penataan tata laksana, penataan kelembagaan, dan akuntabilitas dan pendapat Zeithmal, Parasuraman dan Berry (1990) dengan 5 dimensi dalam kualitas pelayanan public. Sumber data dalam penelitian ini merupakan data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi dokumen, dan observasi dengan validasi hasil penelitian menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek penataan Sumber Daya Manusia, reformasi birokrasi belum dilaksanakan secara optimal, namun dari aspek penataan tata laksana, penataan kelembagaan maupun akuntabilitas, reformasi birokrasi telah terlaksana meskipun dengan keterbatasan anggaran. Sedangkan, kualitas perijinan dilihat dari sisi tangible, realibility, responsiveness, assurance, dan empathy, sebagian besar telah memenuhi harapan pengguna layanan meskipun terkendala anggaran dalam memanfaatkan teknologi secara optimal. Secara keseluruhan, reformasi birokrasi yang diterapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan perijinan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kata Kunci : Good Governance, Reformasi Birokrasi, Kualitas Pelayanan Perijinan


Detail Information

Item Type
Tesis
Penulis
Jasinta Juwita Manbait - Personal Name
Student ID
2011020017
Dosen Pembimbing
Laurensius P. Sayrani - 197802052006041002 - Dosen Pembimbing 1
Zet Sony Libing - 19680713 198903 1 009 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Laurensius P. Sayrani - 197802052006041002 - Ketua Penguji
David B W Pandie - 196112121986011002 - Penguji 1
William Djani - 196410141989011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
631.01 Man R
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA