Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh selama Pandemi COVID-19 terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana

Detail Cantuman

Skripsi

Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh selama Pandemi COVID-19 terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana

XML

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH SELAMA PANDEMI COVID-19 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA

Yunri Anggelina Bako1, Regina M. Hutasoit2, Ika Febianti Buntoro3
1Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana
2Departemen Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana
3Departemen Kedokteran Tropis Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana
ABSTRAK
Latar Belakang : Kebijakan belajar dari rumah (pembelajaran jarak jauh) merupakan penerapan dari physical distancing yang merupakan salah satu bentuk pencegahan penyebaran infeksi COVID-19. Karakteristik pembelajaran jarak jauh yang berbeda dengan pembelajaran tatap muka, mengharuskan mahasiswa untuk beradaptasi dengan metode pembelajaran yang baru. Pembelajaran jarak jauh menuntut kemandirian mahasiswa dalam belajar, dimana belajar mandiri membutuhkan motivasi untuk belajar dari mahasiswa. Dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh tentunya akan ditemui beberapa kendala, sehingga kendala-kendala tersebut dapat mempengaruhi motivasi belajar dari mahasiswa.
Tujuan : Mengetahui hubungan pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID-19 terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana.
Metode : Jenis penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 140 responden. Pengumpulan data menggunakan kuisioner untuk mengukur pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dan tingkat motivasi belajar. Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi Rank Spearman.
Hasil : Dari 140 responden, didapatkan 7,9% dari mahasiswa memiliki motivasi belajar yang sangat tinggi, 50,7% motivasi belajar tinggi, 38,5% motivasi belajar sedang, 2,9% motivasi belajar rendah, dan tidak ada mahasiswa dengan motivasi belajar sangat rendah (0%). Rata-rata pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada mahasiswa kedokteran telah berjalan cukup baik. Hasil uji analisis bivariat pada penelitian ini diperoleh hasil p=0,000 (p<0,005).
Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID-19 dengan motivasi belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana.

Kata Kunci : Pembelajaran Jarak Jauh, Motivasi Belajar, Mahasiswa Kedokteran


Detail Information

Item Type
Penulis
Yunri Anggelina Bako - Personal Name
Student ID
1708010007
Dosen Pembimbing
REGINA MARVINA HUTASOIT - 197911072015042001 - Dosen Pembimbing 1
IKA FEBIANTI BUNTORO - 198202112008012010 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maria Agnes Etty Dedy - 198007122009122003 - Ketua Penguji
Regina Marvina Hutasoit - 197911072015042001 - Penguji 1
Ika Febianti Buntoro - 198202112008012010 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
11201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Dokter
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
112.01 Bak E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA