Manajemen Pengelolaan Pasar Tradisional Oleh Pemerintah Desa

Detail Cantuman

Skripsi

Manajemen Pengelolaan Pasar Tradisional Oleh Pemerintah Desa

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pengelolaan pasar barter Lamalera B, oleh Pemerintah Desa Lamalera B. Jenis penelitian dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian yang digunakan yaitu planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (pelaksanaan), dan controling (pengawasan). Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini, yaitu Kepala Desa Lamalera B, Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kepala Dusun yang bertugas di Pasar, pedagang, dan pembeli.
Hasil penelitian menujukan empat hal pokok. Pertama adalah perencanaan (planning). Dalam proses perencanaan, perbaikan dan penambahan los pasar barter Lamalera B belum dilakukan secara maksimal oleh pemerintah desa. Yang sedang dilakukan adalah melakukan perencanaan terhadap penambahan rumah pasar darurat beserta fasilitasnya dan program penertiban pedagang pasar sesuai dengan dagangannya. Kedua adalah pengorganisasian (organizing). Studi ini menunjukan bahwa tidak adanya struktur dan departemenisasi pengelolaan pasar barter secara jelas membuat tugas yang dilakukan pun tidak tepat sasar dan sering tumpang tindih. Ketiga adalah penggerak/pelaksanaan (actuating). Pemerintah desa Lamalera B telah melakukan pendataan para pedagang tetapi belum mendata secara rinci seperti jenis barang dagangan yang dijual atau dibarter. Untuk kebersihan dan retribusi pasar
sudah dilakukan dengan baik, walau harus memberi catatan pada penyediaan tempat sampah. Keempat adalah pengawasan (controlling). Proses pengawasan dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Pengawasan langsung dan tidak langsung telah dilaksanakan dengan baik. Namun demikian, proses pengawasan tidak disertai dengan catatan dan laporan tertulis yang menjadi data yang lengkap untuk pelaksanaan evaluasi. Studi ini diharapkan menjadi data awal untuk mendeskripsikan manajemen pengelolaan pasar tradisional Lamalera B dan diharapkan membuka ruang studi bagi studi manajemen pasar tradisional di selanjutnya.


Detail Information

Item Type
Penulis
Nurfadillah - Personal Name
Student ID
1803060019
Dosen Pembimbing
JACOBA DAUD NIGA - 196004061987022001 - Dosen Pembimbing 1
ADRIANA RODINA FALLO - 197403062009122001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Jacoba Daud Niga - 196004061987022001 - Ketua Penguji
Adriana Rodina Fallo - 197403062009122001 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Nur
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA