PERHITUNGAN HARGA POKOK PESANAN UNTUK MENETUKAN HARGA JUALPADA CV TIARA ADVERTISING DI KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PERHITUNGAN HARGA POKOK PESANAN UNTUK MENETUKAN HARGA JUALPADA CV TIARA ADVERTISING DI KOTA KUPANG

XML

Penelitian berjudul‘Perhitungan Harga Pokok Pesanan Untuk Menentukan Harga Jual Pada CV Tiara
Advertising di Kota Kupang’; Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Perhitungan harga
pokok produksi pesanan dan Penentuaan harga jual produk dengan metode Job Order Costing,
metode Full Costing dan Variabel Costing pada CV Tiara Advertising di Kota Kupang.Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sedangkan
metode analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitaif, yaitu analisis harga pokok produksi
pesanan dengan metode job order costing, full costing, dan variable costing untuk menjawab masalah
dan tujuan penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan harga pokok produksi dengan
metode job order costing pada CV Tiara Advertising dilakukan sesuai dengan perhitungan akuntansi
berdasarkan job order costing dengan elemen biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan
biaya overhead pabrik (BOP). Harga pokok produksi (HPP) pesanan spanduk dengan kontribusi BOP
berdasarkan biaya bahan baku lebih besar dibandingkan dengan HPP pesanan dengan kontribusi BOP
berdasarkan ‘jumlah unit produk’ maupun BOP berdasarkan biaya tenaga kerja. Sedangkan HPP
pesanan produk undangan dengan kontribusi BOP berdasarkan jumlah unit produksi lebih besar
dibandingkan dengan kedua lainnya. Tinggi atau rendahnya harga pokok produksi pesanan secara
proporsional sesuai dengan tinggi atau rendahnya tarif biaya overhead pabrik, dimana “semakin tinggi
tarif biaya overhead pabrik maka semakin tinggi harga pokok produksi, atau sebaliknya”. Perbedaan
harga pokok produksi pesanan antara pada metode Full Costing dengan Variabel Costing itu besarnya
secara proporsional setara dengan nilai BOP tetap dalam total nilai BOP. Besarnya nilai HPP pesanan
berkontribusi besar terhadap penentuan tingkat harga jual produk, demikian juga factor besarnya tarif
mark up laba yang diharapkan perusahan turut menentukan tingkat harga jual produk spanduk
maupun undangan.
Kata kunci: Harga Pokok Produksi, Job Order Costing, Full Costing, Variabel Costing, dan Harga
Jual.


Detail Information

Item Type
Penulis
Juwita Rahmawati - Personal Name
Student ID
1603020074
Dosen Pembimbing
MAHMUD AHMAD - 196204111990031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Pius Bumi Kellen - 196009031987021001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
63211
Edisi
Published
Departement
ilmu administrasi bisnis
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 R P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA