Kemampuan Proses Mengajar Pada Program Micro Teaching Dan Program Pengalaman Lapangan Sebagai Kesiapan Menjadi Calon Guru Bagi Mahasiswa Angkatan 2017 Dan 2018 Pendidikan Teknik Mesin Universitas Nusa Cendana Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Kemampuan Proses Mengajar Pada Program Micro Teaching Dan Program Pengalaman Lapangan Sebagai Kesiapan Menjadi Calon Guru Bagi Mahasiswa Angkatan 2017 Dan 2018 Pendidikan Teknik Mesin Universitas Nusa Cendana Kupang

XML

Program micro teaching dan program pengalaman lapangan sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan proses mengajar sebagai kesiapan menjadi calon guru bagi mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Universitas Nusa Cendana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana semua informasi atau data diwujudkan dalam angka dan analisisnya berdasarkan analisis statistik. Hasil penelitian melalui uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan (korelasi) positif yang signifikan (0.00<0.05) program micro teaching (X1) sebesar 0.671 dan program pengalaman lapangan (X2) sebesar 0.720 terhadap kesiapan mahasiswa menjadi calon guru (Y). Secara simultan (bersama-sama) melalui uji determinasi variabel X1 dan X2 memiliki hubungan dengan variabel Y yang ditunjukkan dengan nilai R sebesar 0,746 atau 74.6%. Selain itu, kemampuan proses mengajar pada program micro teaching (X1) dan program pengalaman lapangan (X2) memberi pengaruh terhadap kesiapan mahasiswa menjadi calon guru (Y) yang ditunjukkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,557 atau 55.7% Hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan proses mengajar pada program micro teaching dan program pengalaman lapangan memberi pengaruh sebesar 55.7% terhadap kesiapan mahasiswa menjadi calon guru sedangkan sisanya 44.3% dipengaruhi faktor lain. Hasil uji t menghasilkan model dalam penelitian ini yakni Y = 1.255 + 0.239X1 + 0.487X2 + e. Model ini dapat menjelaskan bahwa secara parsial kemampuan proses mengajar berpengaruh secara signifikan dengan kontribusi melalui variabel X1 sebesar 0,239 dan variabel X2 sebesar 0,487 terhadap kesiapan mahasiswa menjadi calon guru.

Kata kunci : Micro teaching, Program Pengalaman Lapangan, dan Kesiapan Mahasiswa Menjadi Calon Guru


Detail Information

Item Type
Penulis
MARK ADORATION LY - Personal Name
Student ID
1801120012
Dosen Pembimbing
BASRI K. - 19606141991031002 - Dosen Pembimbing 1
Sealtial Mau - 198909122020121008 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Sealtial Mau - 198909122020121008 - Penguji 1
Priyono - 196111171994031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Teknik Mesin
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.01 NLY K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA