Penggunaan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Dalam Pembelajaran Tema 7, Sub Tema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Maulafa

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Dalam Pembelajaran Tema 7, Sub Tema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Maulafa

XML

Skiripsi oleh Sofia Evarianti Balu, NIM 1601140051, dengan judul Penggunaan Model Pembelajaran Number Head Together (Nht) Dalam Pembelajaran Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan, Sub Tema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Maulafa. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana penggunaan model Number Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 7 sub tema 1peristiwa kebangsaan masa penjajahan kelas V SD Negeri Maulafa”?. Penelitian ini bertujuan umtuk mengetahui penggunaan model Number Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 7 sub tema 1peristiwa kebangsaan masa penjajahan kelas V SD Negeri Maulafa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan mengambil lokasi penelitian di SD Negeri Maulafa. Adapun subjek penelitian ini berjumblah 27 orang dengan laki-laki 14 siswa dan perempuan 13 siswa.
Penelitian yang dilakukan di SD Negeri Maulafa dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I sebanyak 16(59,25%) yang mencapai KKM dan 11 siswa atau 49, 75% yang belum mencapai KKM hal ini karena guru masih melakukan pembelajaran secara klasikal saja dan tidak menerapkan pola pembelajaran yang bersifat individual, sehingga siswa yang pemahaman belajarnya lambat nilainya masih di bawah KKM, serta dalam menggunakan model pembelajaran NHT masih ada indikator yang dinilai rendah yaitu pada saat memberikan motivasi kepada siswa kurang, dalam memberikan penghargaan kepada siswa juga masih rendah. Sehingga siswa kurang bersemangat, apa lagi siswa yang pemahamannya lambat tambah kurang bersemangat. Setelah diadakan perbaikan pada siklus II hasil belajar meningkat menjadi 100% hal ini dikarenakan guru sudah mampu menjelaskan secara individu serta mampu memotivasi siswa dalam proses pelaksanaan model NHT.
Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tema 7 sub tema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan SD Negeri Maulafa.

Kata Kunci :Model Pembelajaran NHT, Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Sofia Evarianti Balu - Personal Name
Student ID
1601140051
Dosen Pembimbing
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Bal P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA