Tesis
Implementasi Pembelajaran Karakter Disiplin, Kerja Keras Dan Cinta Kasih Di Sd Inpres Oemofa Kabupaten Kupang
XMLDitemukan bahwa implementasi Pembelajaran nilai karakter sekalipun telah teringrasi pada semua pembelajaran secara intrakurikuler dan ekstrakurikuler, akan tetapi khusus untuk karakter disiplin di terapkan secara tematik dalam pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan mata pelajaran Pendidikan Agama dan budi pekerti. Sementara karakter cinta kerja keras pada umumnya terintegrasi pada semua kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Sedangkan nilai karakter cinta kasih lebih banyak melalui kegiatan budaya di sekolah dan di luar sekolah. Ditemukan bahwa model implementasi pembelajaran nilai karakter disiplin, kerja keras dan cinta kasih yakni model pembelajaran dengan Implementasi dalam kegiatan pembelajaran; dan Implementasi dalam kegiatan diluar pembelajaran. Kendatipun demikian, sekalipun kegiatan pembelajaran dari perencanaan pembelajaran dan proses pembelajaran, kegiatan diluar pembelajaran melalui kultur sekolah dan ekstrakurikuler. Akan tetapi kegiatan rutin, kegiatan spontan, kegiatan terprogram, keteladanan oleh guru, dan pengkondisian lingkungan, kerap kali belum memberikan model pembelajaran yang maksimal guna mengendalikan mengatasi pembelajaran nilai karakter di lingkungan Sekolah Dasar Inpres Oemofa. Ditemukan hasil Penilaian dalam implementasi pembelajaran nilai karakter di Sekolah Dasar Inpres Oemofa sekalipun nilai mandiri merupakan kegiatan pemberian tugas terstruktur maupun tidak terstruktur, tugas lisan maupun tulisan, pembiasaan salam jika bertemu guru, bertutur kata sopan dengan guru dan teman, akan tetapi ada juga pembiasaan sebelum masuk kelas siswa dibiasakan berjabatan tangan dengan bapak ibu guru, ada juga kegiatan ekstrakulikuler yang mengharuskan siswa untuk bertindak mandiri. Kendatpin demikian, kerap kali hal itu hanya terukur di lingkungan sekolah sementara itu perlu siswa terapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam lingkungan keluarga dan masyarakat sebagai target dalam rancangan pembelajaran dan budaya kehidupan sekolah.
Diharapkan bahwa implementasi pembelajaran nilai karakter secara umum menjadi wajib bagi peserta didik di lingkungan sekolah. Diharapkan model pembelajaran terkait implementasi nilai karakter disiplin, kerja keras dan cinta kasih sekalipun dilakukan dalam kegiatan pembelajaran dan di luar kegiatan pembelajaran yang menitikberatkan pada kemampuan siswa tentu hal ini perlu diikuti dengan perilaku guru yang baik agar menjadi target perilaku siswa baik di sekolah maupun di luar sekolah atau di tengah-tengah masyarakat, Diharapkan agar hasil penilaian berhasil mestinya ditunjang dengan kehidupan nyata atau praktis di lingkungan masyarakat selain yang diletakan dasarnya di Sekolah Dasar Inpres Oemofa Kabupaten Kupang.
Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran Nilai Karakter, Siswa Sekolah Dasar
Detail Information
Item Type |
Tesis
|
---|---|
Penulis |
Fransiskus Hane - Personal Name
|
Student ID |
2011060003
|
Dosen Pembimbing |
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 1
Uda Geradus - 195812311986031021 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Uda Geradus - 195812311986031021 - Penguji 1 SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87120
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan IPS
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
871.20 Han I
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |