Uji Aktivitas Antioksidan Ekstrak Etanol Pada Buah Kersen (Muntingia Calabura L.) Asal Kupang Dengan Menggunakan Metode Dpph (1,1-Difenil-2-Pikrilhidrazil)

Detail Cantuman

Skripsi

Uji Aktivitas Antioksidan Ekstrak Etanol Pada Buah Kersen (Muntingia Calabura L.) Asal Kupang Dengan Menggunakan Metode Dpph (1,1-Difenil-2-Pikrilhidrazil)

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui senyawa metabolit sekunderyang terkandung dalam ekstrak etanol pada buah kersen dan untuk mengetahui nilai LC50 dari ekstrak etanol pada buah kersen yang diuji menggunakan DPPH. Dalam penelitian ini sampel diekstraksi dengan metode maserasi menggunakan pelarut etanol 70% dan dipekatkan dengan rotary evaporator. Kemudian diuji fitokimia dan hasil tersebut menunjukkan bahwa ekstrak buah kersen positif mengandung metabolit sekunder golongan alkaloid, flavonoid, tanin dan terpenoid. Uji aktivitas antioksidan menggunakan metode DPPH (1,1-Difenil-2-Pikrilhidrazil) diukur serapan pada panjang gelombang maksimum 517 nm. Aktivitas antioksidan ekstrak buah kersen memiliki aktivitas antioksidan kuat dengan nilai IC50 60,83 ppm sedangkan larutan pembanding vitamin C memiliki aktivitas antioksidan kuat dengan nilai IC50 61,35 ppm.
Kata Kunci : Buah Kersen, Senyawa Melabolit Sekunder, Uji Fitokimia, Uji Aktivitas Antioksidan, DPPH, Vitamin C.


Detail Information

Item Type
Penulis
MARIA YUNITA PASI - Personal Name
Student ID
1701060019
Dosen Pembimbing
Penguji
Theodorus Da Cunha - - Ketua Penguji
Jasman - 196906111994031001 - Penguji 1
I Gusti M. N. Budiana - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Kimia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.04 PAS U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA