KAJIAN KRIMINOLOGI TERHADAP TINDAK PIDANA KORUPSI DANA DESA TAEBONE, KECAMATAN FATUKOPA, KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

Detail Cantuman

Skripsi

KAJIAN KRIMINOLOGI TERHADAP TINDAK PIDANA KORUPSI DANA DESA TAEBONE, KECAMATAN FATUKOPA, KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

XML

Kejahatan korupsi tidak hanya terjadi di pusat tetapi juga sampai ke pelosok desa. Di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Kecamatan Fatukopa, Desa Taebone, ada salah satu kasus dimana Kepala Desa dan beberapa staf desa melakukan korupsi. Aparat Kejaksaan Negeri Timor Tengah Selatan resmi menahan empat orang tersangka yaitu Kepala Desa, Bendahara Desa, mantan Sekretaris Desa dan salah satu kontraktor. Keempat tersangka ditahan berdasarkan tugas hasil kerja mereka yang mengakibatkan kerugian negara hingga mencapai Rp.702.000.000,00 (tujuh ratus juta rupiah).
Rumusan masalah pokok penelitian ini adalah: (1) Apakah yang menjadi faktor penyebab terjadinya tindak pidana korupsi dana Desa Taebone, Kecamatan Fatukopa, Kabupaten Timor Tengah Selatan? dan (2) Bagaimanakah upaya penanggulangan yang dilakukan oleh aparat penegak hukum terhadap tindak pidana korupsi di Desa Taebone, Kecamatan Fatukopa, Kabupaten Timor Tengah Selatan?
Penelitian dengan metode analisis yuridis kualitatif sesuai dengan data yang diperoleh dengan tetap memperhatikan teori-teori yang dipakai, penelitian ini merupakan penelitian yang bersumber pada data primer, sekunder, tersier dengan menggunakan metode pendekatan yuridis empiris.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, kasus korupsi dana desa yang dilakukan oleh aparat desa dan salah satu kontraktor di Desa Taebone, Kecamatan Fatukopa, Kabupaten Timor Tengah Selatan pada dasarnya disebabkan oleh beberapa faktor-faktor yang berasal dari luar diri atau faktor eksternal yaitu, faktor pendidikaan, faktor ekonomi, dan faktor sosial budaya, dan faktor yang berasal dari dalam diri pelaku atau faktor internal yaitu faktor kepribadian dan faktor psikologis. Kedua, upaya penanggulangan yang dilakukan oleh aparat penegak hukum terhadap tindak pidana korupsi di Desa Taebone, Kecamatan Fatukopa, Kabupaten Timor Tengah Selatan berupa upaya pre-emtif, upaya Preventif, dan upaya represif. Diharapkan agar aparat desa lebih memahami tentang tugas dan tanggung jawabnya, sehingga tidak terjadi tindak kejahatan terkhususnya kejahatan korupsi, memiliki kepribadian yang baik sehingga tidak mementingkan diri sendiri tetapi lebih memprioritaskan masyarakat dalam hal mengelola desa.Terkait pemilihan kepala desa diharapkan agar masyarakat memilih kepala desa yang memiliki kemampuan dalam mengelola desa sehingga tidak terjadi kasus yang sama.


Detail Information

Item Type
Penulis
Amos Aldy Bessie - Personal Name
Student ID
1802010381
Dosen Pembimbing
NIKOLAS MANU - 195805261987041001 - Dosen Pembimbing 1
DAUD DIMA TALO - 195912261986011001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Adrianus Djara Dima - 196604071990031001 - Ketua Penguji
Nikolas Manu - 195805261987041001 - Penguji 1
Daud Dima Talo - 195912261986011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 BES K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA