Peran Mahasiswa Penjaskesrek Undana Yang Mengikuti Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Dalam Memotivasi Siswa Sekolah Dasar Negeri Kleja Untuk Berolahraga

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Mahasiswa Penjaskesrek Undana Yang Mengikuti Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Dalam Memotivasi Siswa Sekolah Dasar Negeri Kleja Untuk Berolahraga

XML

Penelitian ini membahas tentang peran mahasiswa Penjaskesrek Undana yang mengikuti program kampus mengajar angkatan 1. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana peran mahasiswa Penjaskesrek Undana yang mengikuti program kampus mengajar angkatan 1 dalam memotivasi siswa SDN Kleja untuk berolahraga. Peran mahasiswa disini yaitu mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dimana sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SDN Kleja yang berada di kabupaten Timor Tengah Utara. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 6 guru dan 6 siswa SDN Kleja yang dipilih oleh peneliti sendiri. Pengumpulan data mengunakan teknik wawancara dan didukung dengan dokumentasi selama penelitian dilakukan. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis data kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan mengajar mahasiswa disekolah dan melakukan rekayasa lingkungan mahasiswa kampus mengajar angkatan 1 meningkatkan motivasi olahraga. Minat olahraga anak-anak terkubur ketika tidak adanya tenaga pendidik mata pelajaran olahraga di sekolah membuat kegiatan olahraga bahkan tidak dilakukan sama sekali, proses pembelajaran monoton dilakukan dikelas karena guru mata pelajaran lain yang mengambil alih mata pelajaran pendidikan jasmani hal ini menjadikan siswa malas berolahraga. Namun setelah kehadiran mahasiswa kampus mengajar angkatan 1 kemudian terjadi rekayasa lingkungan yakni pembuatan lapangan menumbuhkan minat olahraga siswa. Artinya selama ini siswa SDN kleja hanya membutuhkan sasaran yang tepat untuk menuangkan minat olahraganya. Ada juga beberapa faktor yang mendukung terjadinya peningkatan motivasi olahraga tersebut yaitu Kesenangan, Minat, Pengetahuan, Kebutuhan, Guru, Teman, Sarana, dan Orang Tua..
Kesimpulan pada penelitian ini adalah ketertarikan siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan olahraga di sekolah dimulai ketika mahasiswa hadir disekolah dalam Program kegiatan kampus mengajar angkatan 1 mahasiswa Penjaskesrek Undana Kupang membawa dampak yang baik dalam meningkatkan motivasi berolahraga. Dengan gaya mengajar mahasiswa kampus mengajar yang mudah dipahami dan dimengerti, mahasiswa kampus mengajar berhasil menuntun dan mengarahkan siswa SDN Kleja untuk berolahraga, mengadakan pertandingan yang memacu semangat siswa membuat siswa senang dan antusias untuk melakukan kegiatan olahraga baik dijam pelajaran maupun waktu sore hari.

Kata Kunci : Peran Mahasiswa, Motivasi Berolahraga


Detail Information

Item Type
Penulis
ROBERTO TUTPAI - Personal Name
Student ID
1801150065
Dosen Pembimbing
Maria Andriani Barek Ladjar - 199003262019032015 - Dosen Pembimbing 1
Ronald D.A. Fufu - 199210132019031012 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maria Andriani Barek Ladjar - 19900326201932015 - Ketua Penguji
Ronald D. A Fufu.S.Pd.M.Pd - 199210132019031012 - Penguji 1
Michael J.H Louk - 198705202019031015 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
85201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
852.01 TUT P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA