Peningkatan Hasil Belajar Pelajaran Sejarah Melalui Pemanfaatan Media Video Blogging pda Siswa Kelas XI SMAS KATOLIK Sint Carolus Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Hasil Belajar Pelajaran Sejarah Melalui Pemanfaatan Media Video Blogging pda Siswa Kelas XI SMAS KATOLIK Sint Carolus Kupang

XML

Masalah dalam peelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah di SMAK Sint Carolus Kupang sangat rendah. Penggunaan media pembelajaran di SMAK Sint Carolus Kupang selama ini masih monoton dan konvensional. Guru lebih dominan dalam proses pembelajaran, kemudian media yang digunakan masih sebatas buku ajar, peta atlas atau globe. Hal ini mengakibatkan peserta didik kurang aktif dan tertarik pada mata pelajaran sejarah. Peserta didik menganggap mata pelajaran Sejarah sangat membosankan karena dinilai sebagai mata pelajaran yang menceritakan peristiwa yang berulang-ulang. Dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, guru merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan keberhasilan siswa dalam belajar, karena proses belajar mengajar di sekolah yang dilakukan oleh guru, siswa, dan lingkungan belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS I dengan memanfaatkan media Video Blogging. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan di SMAK Sint Carolus Kupang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 yang terdiri dari 20 orang. Prosedur penelitian dalam penelitian ini adalah siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen tes. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis hasil observasi aktivitas siswa dan teknik hasil tes siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran video blogging mengalami peningkatan dari 20 peserta didik terdapat 14 orang atau 70% yang tuntas sementara 6 orang atau 30% tidak tuntas. Sementara pada siklus II peningkatan hasil belajar siswa makin tinggi dengan terdapat 19 orang atau 95% yang tuntas dan 1 orang atau 5% yang tidak tuntas. Pencapaian ini diperoleh dengan beberapa usaha perbaikan dalam setiap pelaksanaan pembelajaran pada setiap siklusnya. Guru dalam menyampaikan tujuan pembelajaran: 1) memotivasi peserta didik sudah terlaksana dengan sangat baik, 2) guru dalam menyampaikan materi sudah jelas sehinga peserta didik dapat menjawab pertanyaan dan menyelesaikan evaluasi dengan baik. 3). Guru dalam melakukan bimbingan dalam belajar dapat terarah dengan baik, 4). Guru dalam meminta peserta didik memperesentasikan hasil diskusi pada siklus II ini sudah terlaksanakan dengan baik.
Kata Kunci : Hasil Belajar Sejarah, Media Video Blogging


Detail Information

Item Type
Penulis
Lutgardis Sartia - Personal Name
Student ID
1801090013
Dosen Pembimbing
Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
Djakariah - 196612051991031002 - Penguji 1
Fransina Aprilyse Ndoen - 198608022014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Prodi Sejarah
Kontributor
djakariah - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 Tia P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA