Peran Elit Lokal Dalam Pemilu Legislatif Tahun 2019 – 2024 Di Kabupaten Kupang (Studi Peran Tokoh Adat Dalam Memobilisasi Masyrakat Desa Bokong)

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Elit Lokal Dalam Pemilu Legislatif Tahun 2019 – 2024 Di Kabupaten Kupang (Studi Peran Tokoh Adat Dalam Memobilisasi Masyrakat Desa Bokong)

XML

Erwin Arnold Edison Nainiti “Peran Elit Lokal Dalam Pemilu Legislatif Tahun 2019-2024 Di Kabupaten Kupang (Studi Peran Tokoh Adat Dalam Memobilisasi Masyarakat Desa Bokong) (dibimbing oleh Esrah D. N. A. Benu, S.Sos, MA dan Diana S. A. Tabun , Spd., M.Si). Eksistensi elit lokal merupakan aset dalam pembangunan politik. Elit Lokal (tokoh adat) dianggap sebagai dasar kekuatan politik lokal, karena mereka memiliki kedekatan emosional dengan masyarakat. Elit Lokal sebagai suatu kelompok yang terorganisir memiliki salah satu peran untuk menjaga kerukunan masyarakat. Status sosial yang dimiliki oleh elit lokal (tokoh adat) merupakan daya kekuatan untuk mempengaruhi masyarakat termaksut dalam pilihan politik. Peran besar yang dimiliki oleh elit lokal adalah sebuah pengakuan yang bertumbuh kembang dari masyarakatnya sendiri dengan demikian, dalam politik praktis elit lokal merupakan salah satu unsur membangun kekuatan politik ditingkat masyarakat. Salah satu contoh, kemenangan calon Dominggus Atimeta pada pemilu Legislatif 2019 di desa Bokong, adalah berkat peran yang signifikan elit lokal untuk mempengaruhi pilihan politik masyarakat di desa Bokong terhadap calon Dominggus Atimeta. Skripsi ini berjudul: Peran Elit Lokal Dalam Pemilu Legislatif Tahun 2019-2024 di Kabupaten Kupang (Studi Peran Tokoh Adat Dalam Memobilisasi masyarakat Desa Bokong). Tujuan dari penelitian ini yang dimaksud adalah untuk mendiskripsikan peran elit lokal (tokoh adat) dalam pemilihan umum Legislatif di Kabupaten Kupang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan yang digunakan tersinkronisasi dengan rumusan masalah yang diangkat yaitu Bagaimana peran tokoh adat memobilisasi masyarakat desa Bokong dalam pemilu Legislatif 2019-2024. Penelitian ini membuktikan bahwa elit lokal dengan kekuasaan yang diakui oleh masyarakat memiliki peran dalam menentukan pilihan politik masyarakat di desa Bokong terhadap calon Dominggus Atimeta. Hal ini terbukti dalam penelitian bahwa 664 suara dari 681 pilihan di desa Bokong memberikan suara pada calon Dominggus Atimeta. Elit lokal dijadikan sebagai mesin politik untuk membangun kekuatan politik. Dengan demikian elit lokal perlu dihimpun sebagai unsure yang penting dalam pembangunan daerah. Elit lokal perlu menciptakan relasi sosial dalam masyarakat yang harmonis, sehingga hubungan sosial masyarakat tidak runtuh akibat benturan kepentingan politik.
Kata Kunci : Peran, Elit Lokal,,Pemilihan Umum Legislatif.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1603040152
Dosen Pembimbing
Diana S.A.N. Tabun - 198403112014041001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
ESRAH D.N.A BENU,S.Sos, MA - - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 Nai P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA