Efektivitas Pengelolaan Dana Desa dalam Rangka Pelaksanaan Pembangunan di Desa Ubu Raya dan Desa Ubu Pede, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat di Tinjau dari Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa

Detail Cantuman

Skripsi

Efektivitas Pengelolaan Dana Desa dalam Rangka Pelaksanaan Pembangunan di Desa Ubu Raya dan Desa Ubu Pede, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat di Tinjau dari Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa

XML

Agustinus Balli Pajanging, Efektivitas Pengelolaan Dana Desa dalam Rangka Pelaksanaan Pembangunan di Desa Ubu Raya dan Desa ubu Pede Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat DiTinjau Dari Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, dibimbing oleh Rafael Rape Tupen dan Hyronimus Buyanaya.
Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa telah menempatkan Desa sebagai ujung tombak Pembangunan yang Diberikan Kewenangan dan sumber Dana yang memadai agar dapat mengelola potensi yang dimiliki guna meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan Masyarakat Desa lebih khususnya Desa Ubu Raya dan Desa Ubu Pede, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat.
Penelitian ini bertujuan agar mengetahui dan menganalisis Pengelolaan Dana Desa serta Faktor-faktor Penghambat Pengelolaan Dana Desa Dalam Rangka Pelaksanaan Pembangunan di Desa Ubu Raya dan Desa Ubu Pede, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat.. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yuridis empiris artinya bahwa dalam menganalisis permasalahan dilakukan dengan cara memadukan bahan-bahan hukum (yang merupakan data sekunder) dengan data primer yang diperoleh di lapangan. Sumber dan bahan hukum yang digunakan yaitu bahan hukum primer, sekunder dan tersier.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan Dana Desa belum berjalan secara efektif sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Sehingga dalam pelaksanaan Pembangunan di Desa ubu Raya dan Desa Ubu Pede, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat belum berjalan dengan baik dan yang menjadi faktor penghambat dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat pendidikan, kurangnya pengetahuan dan pelatihan bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa serta banyaknya aturan hukum dalam pengelolaan dana Desa.
Dalam kasus ini penulis menyarankan Pemerintah Kabupaten Sumba Barat harus melakukan Pembinaan, Pelatihan dan Pengawasan agar tidak terjadi hambatan dalam upaya manjamin efektivitas Pengelolaan Dana Desa.

Kata Kunci: Pengelolaan Dana Desa.


Detail Information

Item Type
Penulis
Agustinus Balli Pajangi - Personal Name
Student ID
1702010320
Dosen Pembimbing
Rafael R. Tupen, S.H., M.Hum - 196404201992031001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Dr. Saryono Yohanes, S.H., M.Hum - 19662207121989121010 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
472 01 Ner P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA