Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Kupang)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk: a). Untuk mengetahui persepsi nasabah tentang pengaruh pemasaran berkelanjutan, pemasaran secara individu, dan program kerja sama terhadap loyalitas nasabah pada BRI Cabang Kupang. b).Untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh pemasaran berkelanjutan terhadap loyalitas nasabah pada BRI Cabang Kupang. c). Untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh pemasaran secara individu terhadap loyalitas nasabah pada BRI Cabang Kupang. d). Untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh program kerja sama berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada BRI Cabang Kupang. e). Menganalisis dan menjelaskan pengaruh pemasaran berkelanjutan, pemasaran secara individu, dan program kerja sama berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas nasabah pada BRI Cabang Kupang. Untuk mencapai tujuan tersebut, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah secara accindetal sampling dan dipilih 100 responden sebagai sampel. Teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan, kuesioner dan wawancara singkat kepada responden. Setelah data dikumpulkan, data kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable pemasaran berkelanjutan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan tingkat penilaian yang positif diberikan responden sebesar 4,31 (terkategori sangat tinggi) dan variabel pemasaran secara individu yang berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan tingkat penilaian yang positif diberikan responden sebesar 4,25 (terkategori sangat tinggi), sedangkan variable program kerja sama tidak berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas nasabah dengan tingkat penilaian yang positif diberikan responden sebesar 3,87 (terkategori tinggi). Sedangkan secara simultan, ketiga variable bebas ini berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, dimana berdasarkan nilai adjusted R2 besar kontribusi ketiganya yaitu 68,9% dan sisanya 31,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel pemasaran berkelanjutan dan pemasaran secara individu berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap loyalitas nasabah, sedangkan program kerja sama tidak berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas nasabah, untuk itu diharapkan BRI cabang Kupang terus mempertahankan bahkan meningkatkan program-program CRM ini agar nasabah semakin loyal. Serta untuk penelitian selanjutnya bisa untuk mengembangkan model penelitian dengan menambah variabel lain selain program CRM untuk variabel loyalitas. Dan dapat menambah varian dimensi CRM diluar dimensi yang sudah diteliti seperti data dan informasi, proses, teknologi serta sumber daya manusia. Sehingga mampu mengembangkan model penelitian yang sudah ada. Kata Kunci :Customer Relationship Management (CRM), Pemasaran Berkelanjutan, Pemasaran Secara Individu, Program Kerja Sama, Loyalitas.


Detail Information

Item Type
Penulis
Novita Kristina Hans - Personal Name
Student ID
1603020197
Dosen Pembimbing
KHALID KASIM MOENARDY - 196208171988031002 - Dosen Pembimbing 1
Juita L.D. Bessie - 198410142010122006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Khalid Kasim Moenardy - 196208171988031002 - Ketua Penguji
Juita L.D. Bessie - 198410142010122006 - Penguji 1
Anthonius B Mesakh - 196208061988031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63211
Edisi
Published
Departement
Administrasi Bisnis
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.11 Han P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA