Pertanggung Jawaban Pemerintah Daerah Kabupaten Ngada Dalam Sosialisasi Peraturan Daerah Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2007 Tentang Pengesahan, Pengundangan dan Penyebarluasan Peraturan Perundang-undangan

Detail Cantuman

Skripsi

Pertanggung Jawaban Pemerintah Daerah Kabupaten Ngada Dalam Sosialisasi Peraturan Daerah Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2007 Tentang Pengesahan, Pengundangan dan Penyebarluasan Peraturan Perundang-undangan

XML

Banyak masyarakat yang belum mengetahui peraturan daerah yang baru saja dibuat dan sudah disahkan sehingga banyak pelanggaran-pelanggaran yang terjadi dilingkungan masyarakat Ngada. Kesadaran masyarakat tentang menjaga dan melestarikan lingkungan hidup masih rendah yang tentunya akan membawa dampak yang tidak bagus dalam kehidupan bermasyarakat oleh karena itu sangat dibutuhkan peran dari pemerintah yang berupa pertanggungjawaban pemerintah berupa sosialisasi. Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) Seberapa jauh tanggung jawab pemerintah daerah dalam sosialisasi peraturan daerah Kabupaten Ngada berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2007? (2) Apa faktor penghambat Pemerintah Daerah Kabupaten Ngada dalam sosialisasi Peraturan Daerah di Wilayah Kabupaten Ngada.
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui dan menganalisis tugas dan tanggung jawab pemerintah daerah Kabupaten Ngada dalam sosialisasi peraturan daerah yang telah diundangkan dan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor penghambat yang dihadapi pemerintah daerah Kabupaten Ngada dalam sosialisasi peraturan daerah.
Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian hukum yuridis empiris yakni jenis penelitian hukum sosiologis dan dapat disebut pula dengan penelitian lapangan, yaitu mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataan di masyarakat.
Hasil penelitian yang diperoleh memperlihatkan bahwa (1) Pelaksanaan sosialisasi peraturan daerah di Kabupaten Ngada sudah dijalankan secara baik dengan melakukan sosialisasi dan juga penyediaan dokumen salinan peraturan daerah yang dibagikan ke desa-desa dan selanjutnya tugas pemerintah desa mejelaskan kepada masyarakat desa. (2) Faktor penghambat dalam pelaksanaan sosialisasi peraturan daerah di Kabupaten Ngada berupa kondisi geografis yang cukup luas sehingga sulit menjangkau seluruh elemen masyarakat, sumber daya manusia dimana pengetahuan masyarakat yang masih tergolong rendah, sarana penunjang terlaksananya peraturan daerah kurang memadai dan keterbatasan anggaran yang mengakibatkan terhambatnya proses sosialisasi.
Saran yang diajukan penulis kepada Pemerintah Kabupaten Ngada agar pemerintah perlu menambah metode dalam pelaksanaan sosialisasi peraturan daerah, pemerintah memaksimalkan penyediaan salinan peaturan daerah, menambah metode sehingga dapat menjangkau seluruh elemen masyarakat, bagi masyarakat perlu kiranya dapat lebih aktif dalam mencari informasi terkait peraturan daerah sehingga memperkecil ketidaktahuan masyarakat atau peraturan yang berlaku, sarana yang baik sehingga penyebarluasan peraturan daerah lebih maksimal dan juga perlu adanya keterbukaan tentang kondisi anggaran sehinnga pelaksanaan sosialisasi tidak terhambat.

Kata Kunci: Tanggung Jawab, Sosialisasi, Faktor Penghambat


Detail Information

Item Type
Penulis
Getrudis Yosefina Ega - Personal Name
Student ID
1602010173
Dosen Pembimbing
EBU KOSMAS - 195802251987031001 - Dosen Pembimbing 1
DAVID Y MEYNERS - 196003041988031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ebu Kosmas - 195802251987031001 - Ketua Penguji
Josef Mario Monteiro - 197505202006041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Kue S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA