Peran Guru Dalam Pembentukan Nilai-nilai Karakter Disiplin Siswa Dalam Belajar di SD Negeri Bes’ao Kecamatan Kot’olin Kabupaten TTS

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Guru Dalam Pembentukan Nilai-nilai Karakter Disiplin Siswa Dalam Belajar di SD Negeri Bes’ao Kecamatan Kot’olin Kabupaten TTS

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam pembentukan nilai-nilai karakter disiplin siswa dalam belajar. Metode penelitian yang di gunakan peneliti menggunakan 3 cara yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dengan subyek berjumlah 19 orang dengan rincian siswa laki-laki 9 orang dan siswa perempuan 10 orang. Penelitian ini di adakan di SD Negeri Bes’ao, dengan hasil penelitian menunjukan bahwa ada 5 peran guru yang sangat penting dalam pembentykan nilai-nilai karakter disiplin siswa yaitu: (1). Peran guru sebagai pendidik guru menjalankan peran untuk menanamkan nilai-nilai karakter yang baik dalam bertutur kata, bertingkah laku, dan berinteraksi dengan lingkungannya. (2). Peran guru sebagai pembimbing yaitu dengan membimbing dan mengarahkan siswa secara terus menerus untuk menerapkan nilai-nilai yang diajarkan guru, tidak hanya proses pembelajaran tetapi juga dalam interaksi sosial siswa disekolah dan melalui kegiatan tambahan yaitu ibadah bersama. (3). Peran guru sebagai model dan teladan. Sebagai model guru dipandang sebagai sosok panutan oleh siswa, guru harus sadar bahwa apa yang dilakukannya akan berdampak besar pada pembentukan karakter disiplin siswa. Dengan kata lain baik buruknya karakter siswa dimasa depan ditentukan oleh guru di masa sekarang. (4). Peran guru sebagai motivator. Sebagai motivator guru harus mampu menciptakan kondisi kelas yang menyenangkan sehingga siswa tidak hanya menganggap adalah keharusan tetapi belajar adalah sebuah kebutuhan. (5). Peran guru sebagai evaluator. Peran guru sebagai evaluator prestasi belajar siswa sebagai akhir dari sebuah proses pembelajaran yang terjadi dimana guru sebagai wali kelas wajib memberi penilaian yang diawali dengan membuat kesimpulan akhir Bersama siswa untuk menilai seberapa besar pemahaman dan daya ingat siswa terhadap materi yang diajarkan.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam pembentukan nilai-nilai karakter disiplin kelas VI di SD Negeri Bes’ao meliputi: Guru berperan sebagai pendidik, Guru berperan sebagai pembimbing, Guru berperan seabagai model dan teladan, Guru berperan sebagai motivator, Guru berperan sebagai evaluator.
Kata kunci : Peran Guru, Nilai-nilai karakter, Disiplin


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1701140120
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 1
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 TAM P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA