PEMBERDAYAAN PEMERINTAH DESA DALAM MENDORONG KINERJA DAN USAHA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DI DESA HAIKATAPU, KECAMATAN RINDI, KABUPATEN SUMBA TIMUR MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA

Detail Cantuman

Skripsi

PEMBERDAYAAN PEMERINTAH DESA DALAM MENDORONG KINERJA DAN USAHA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DI DESA HAIKATAPU, KECAMATAN RINDI, KABUPATEN SUMBA TIMUR MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA

XML

Umbu Retang Anamahang: Pemberdayaan Pemerintah Desa Dalam Mendorong Kinerja dan Usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Di Desa Heikatapu, Kecamatan Rindi, Kabupaten Sumba Timur Menurut Undang–undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Dibimbing oleh Ebu Kosmas Selaku Pembimbing I dan Bill Nope Selaku Pembimbing II.
Masalah pokok penelitian ini adalah: (1) Sejauh manakah pemberdayaan pemerintah desa dalam mendorong kinerja dan usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Heikatapu, Kecamatan Rindi, Kabupaten Sumba Timur? (2) Apakah faktor penghambat pemberdayaan pemerintah desa dalam mendorong kinerja dan usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Heikatapu, Kecamatan Rindi, Kabupaten Sumba Timur?
Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris. Dalam penelitian ini digunakan metode pendekatan: (1) Pendekatan fakta atau nyata (The Fact Approach) yaitu pendekatan masalah yang didasarkan pada fakta-fakta yang terjadi di lapangan yang ada kaitannya dengan permasalahan yang akan dibahas. (2) Pendekatan perundang-undangan (The Statute Approach) yaitu pendekatan undang-undang (Statue Approach) menelah undang-undang dan regulasi yang berhubungan isu hukum yang sedang di hadapi. Teknik analisis data yaitu semua informasi yang telah diolah dan dianalisis dengan metode empiris sesuai dengan data yang diperoleh dengan tetap memperhatikan teori, asas dan kaidah hukum yang berkaitan dengan pemberdayaan kepala desa terhadap APBDes dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Di Desa Heikatapu, Kecamatan Rindi, Kabupaten Sumba Timur.
Hasil dan kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Pemberdayaan pemerintah desa dalam mendorong kinerja dan usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Di Desa Heikatapu, Kecamatan Rindi, Kabupaten Sumba Timur, belum efektif, baik itu sebagai fasilitator, dinimisiator, dan regulator. (2) faktor-faktor penghambat pemerintah desa dalam mendorong kinerja dan usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Heikatapu, Kecamatan Rindi, Kabupaten Sumba Timur yaitu: (a) Rendahnya Sumber Daya Manusia dari tingkat indentifikasi Pendidikan pemerintahan desa dan anggota BUMDes. (b) Kurangnya atau terbatasnya sarana dan prasarana penunjang pelaksanaan jalannya BUMDes.
Saran dari hasil penelitian adalah: (1) Kepala Desa sebagai mitra kerja dari pengurus BUMDes seharusnya memberikan motivasi dan melakukan pemantauan secara berkala kepada kinerja BUMDes. Agar tetap menjalankan peran dan pemberdayaan sebagai fasilitator, dinamisator, dan regulator sebaiknya dilakukan secara rutin pada setiap kegiatan dalam BUMDes sehingga kegiatan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan dana yang dianggarkan untuk BUMDes, agar selanjutnya pemerintah desa harus melakukan evaluasi, sehingga mengatahui kekurangan dari kegiatan yang telah dijalankan dan wajib memberikan konsep tentang BUMDes rekomendasi agar kesalahan yang telah dilakukan tidak terulang lagi di tahun yang akan datang. (2) Kepala Desa perlu memberikan pelatihan kepada pengurus BUMDes mengenai fungsi BUMDes itu sendiri, selain itu kepala desa dan masyarakat juga harus cerdas memilih pengurus BUMDes yang memiliki Pendidikan berkualitas dan berpengalaman dalam menjalankan fungsi BUMDes. (3) Harus disediakan sarana dan prasarana yang memadai yaitu kantor BUMDes komputer dan berbagai alas tulis agar BUMDes dapat menjalankan fungsi dengan baik.
Kata kunci: Pemberdayaan pemerintah desa Lebih efektif, efisien, pelaksanaan peran.


Detail Information

Item Type
Penulis
Umbu Retang Anamahang - Personal Name
Student ID
1702010453
Dosen Pembimbing
Penguji
Dr. Kotan Y. Stefanus, S.H.,M.Hum - 19601227 198702 1 001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
472 01 ner p
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA