Perempuan Kepala Keluarga Dalam Program Bantuan Sosial Di Kecamatan Katikutana Kabupaten Sumba Tengah (Studi Kasus Desa Anakalang dan Desa Mata Redi)

Detail Cantuman

Skripsi

Perempuan Kepala Keluarga Dalam Program Bantuan Sosial Di Kecamatan Katikutana Kabupaten Sumba Tengah (Studi Kasus Desa Anakalang dan Desa Mata Redi)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Akses, Partisipasi, Kontrol dan Manfaat perempuan kepala keluarga dalam program bantuan sosial di Kecamatan Katikutana Kabupaten Sumba Tengah (studi kasus desa Anakalang dan desa Mata Redi). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara, jumlah informan dalam penelitian ini adalah 21 orang yang terdiri dari Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumba Tengah, kepala PT POS Kabupaten Sumba Tengah, Camat Katikutana, Pemilik E-Warong, RT/RW, Pendamping PKH, Pendamping BST, Pendamping Sembako, Perempuan Kepala Keluarga yang Menerima bantuan sosial dan perempuan kepala keluarga yang tidak menerima bantuan sosial. Langkah-langkah dalam menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pemeriksa keabsahan data dilakukan dengan tringulasi data. Dalam menganalisis masalah, peneliti menggunakan pendapat Widjajanti M Santoso (2016:25) empat fokus analisis gender yaitu (1) akses. (2) Partisipasi, (3) Kontrol, (4) Manfaat. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Akses perempuan kepala keluarga di Kecamatan Katikutana masih kurang karena masih ada perempuan kepala keluarga yang tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial dikarenakan adanya kesalahan teknis. (2) Partisipasi perempuan kepala keluarga di Kecamatan katikutana Kabupaten Sumba Tengah dinilai Masih kurang karena perempuan kepala keluarga hanya terlibat saat pendaftaran calon penerima bantuan namun saat penyelenggaraan sosialisasi banyak yang tidak terlibat. (3) Perempuan kepala keluarga memiliki kontrol dalam memanfaatkan bantuan sosial yang diperoleh. (4) Bantuan sosial yang diberikan sangat bermanfaat bagi perempuan kepala keluarga karena bantuan sosial yang diperoleh dapat meringankan beban perempuan kepala keluarga. Saran yang diangkat dalam penelitian ini adalah sebaiknya Dinas Sosial kabupaten Sumba Tengah atau pemerintah yang terkait melakukan pemuktahiran data (pembaharuan data) bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil agar tidak terjadi peredaan data, dalam melaksanakan Sosialisasi sebaiknya pemerintah memberikan penegasan bagi masyarakat yang tidak mengikuti sosialisasi.

Kata kunci: Perempuan Kepala Keluarga, Bantuan Sosial


Detail Information

Item Type
Penulis
ADELWIDI RAMBU BOBA REPI - Personal Name
Student ID
1803010101
Dosen Pembimbing
LAURENSIUS P SAYRANI - 197802052006041001 - Dosen Pembimbing 1
RIKHARDUS SERAN KLAU - 196504261990031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Laurensius P Sayrani - 197802052006041001 - Ketua Penguji
Rikhardus Seran Klau - 196504261990031001 - Penguji 1
Yaherlof Foeh - 196205251989012001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
ILMU ADMINISTRASI NEGARA
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 REP P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA