DIGITAL MARKETING SM ENTERTAINMENT MELALUI SM CULTURE UNIVERSE PROJECT (STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL PADA INSTAGRAM @smtown)

Detail Cantuman

Skripsi

DIGITAL MARKETING SM ENTERTAINMENT MELALUI SM CULTURE UNIVERSE PROJECT (STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL PADA INSTAGRAM @smtown)

XML

Kesuksesan K-pop di dunia tidak terlepas dari peran perusahaan atau agensi swasta di Korea Selatan salah satunya adalah SM Entertainment. Pada awal tahun 2021, SM mengumumkan perilisan SM Culture Universe Project. Dalam proyek SM Culture Universe, SM memiliki beberapa konten orisinal SM yaitu Re-Mastering & Re-Masterpiece, SM Classic, iScream, Beyond Live, dan Teknologi AR pada beberapa produknya. Untuk memasarkan konten/produk ini, SM menggunakan beberapa media sosial salah satunya Instagram. Pada akun utamanya @smtown, SM melakukan interaksi dengan publiknya dan melakukan kegiatan digital marketing pada konten SMCU. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan rutinitas komunikasi berbasis digital antara SM Entertainment dengan penggemar melalui SM Culture Universe Project dan memetakan penerapan Digital Marketing SM Entertainment pada konten SM Culture Universe Project melalui media sosial Instagram. Penelitian ini dikaji dengan metode Etnografi Virtual dan di analisis dengan teori Social Constructions Of Technology serta menggunakan konsep – konsep penting seperti media digital, social media activity, dan digital marketing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rutinitas komunikasi yang terjadi adalah SM mengunggah konten-konten di Instagram @smtown untuk menyampaikan proyek SMCU kepada publiknya. Rutinitas komunikasi berbasis digital berupa aktivitas media sosial seperti meninggalkan komentar, menyukai, membagikan, dan sebagainya. Bentuk digital marketing yang di lakukan oleh SM Entertainment pada SMCU melalui Instagram @smtown adalah SM membuat postingan konten hanya secara garis besar, sedangkan untuk informasi lebih mendetail, SM menautkan link yang dapat terhubung pada website resmi www.smentertainment.com, www.smglobalshop.com dan youtube, selain itu SM juga menandai akun Instagram khusus untuk konten SMCU dan produk album atau merchandise yaitu @smtownstation, @screamrecords, @smglobalshop

Kata kunci : Digital Marketing, SM Culture Universe Project, Instagram


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1803050024
Dosen Pembimbing
PETRUS ANA ANDUNG - 197402072008011012 - Dosen Pembimbing 1
I GUSTI A. R. PIETRIANI - 8897023419 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ana Andung - 197402072008011012 - Ketua Penguji
I GUSTI A. R. PIETRIANI - 8897023419 - Penguji 1
Monika Wutun - 198301112014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 DIK D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA