penerapan prinsi[ demokrasi dalam perencanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten lembata

Detail Cantuman

Skripsi

penerapan prinsi[ demokrasi dalam perencanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten lembata

XML

Negara Kesatuan Republik Indonesia terbagi atas daerah-daerah provinsi kemudian daerah provinsi itu dibagi lagi atas Kabupaten dan Kota yang masing-masing mempunyai pemerintahan daerah untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan Pemerintahan menurut asas otonomi dan tugas pembantuan. Pemerintah Daerah dalam menjalankan Pemerintahan menggunakan asas desentralisasi dan tugas pembantuan. Pemberian otonomi kepada daerah merupakan penjabaran dari pasal 18 Undang-Undang Dasar Tahun 1945 yang kemudian diimplementasikan ke dalam Undang-Undang No.23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah.
Untuk mengetahui penerapan prinsip demokrasi dalam perencanaan APBD di Kabupaten Lembata, Penulis tertarik mengkajinya dan menuangkannya dalam sebuah skripsi. Berdasarkan hal tersebut, penulis kemudian melakukan penelitian tentang Penerapan Prinsip Demokrasi Dalam Perencanaan APBD di Kabupaten Lembata. (1) Apakah prinsip prinsip demokrasi sudah diterapkan dalam penyusunan APBD Kabupaten Lembata, (2) Faktor faktor apakah yang mempengaruhi penerapan prinsip prisip demokrasi dalam penyusunan APBD di Kabupaten Lembata.
Penulisan skripsi ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dimana dalam penelitian yang dilakukan hanya bersifat deskriptif yaitu untuk mengetahui dan menggambarkan kenyataan dari kejadian yang diteliti sehingga memudahkan penulis untuk mendapatkan data yang objektif dalam rangka menganalisis dan mengetahui apakah prinsip-prinsip demokrasi sudah diterapkan dalam penyusunan APBD Kabupaten Lembata ataukah belum.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Penerapan prinsip demokrasi dalam perencanaan Anggaran Pembelanjaan dan Belanja Daerah (APBD) di kabupaten Lembata bisa dikatakan sudah diterapkan dan diiplementasikan sesuai dengan mekanisme dan aturan yang ada, (2) Faktor faktor yang sangat mempengaruh proses penerapan prinsip prinsip demokrasi tersebut, terutama soal Partisipasi masyarakat dalam kegiatan musrenbang,dan pemenuhan sumberdaya manusia maupun ekonomi secara merata.

Kata kunci: Penerapan Prinsip Demokrasi, Faktor-faktor yang mempengaruhi.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1602010343
Dosen Pembimbing
YOHANES G TUBA HELAN - 196001101986011002 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Agustinus Mahur - 195808171986031004 - Ketua Penguji
Yohanes G Tuba Helan - 196001101986011002 - Penguji 1
Hyronimus Buyanaya - 196009301987021001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Kue S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA