Pelaksanaan Tugas Dan Wewenang Pemerintah Desa Dalam Pengelolaan Air Minum Di kecamatan Ile Boleng Kabupaten Flores Timur

Detail Cantuman

Skripsi

Pelaksanaan Tugas Dan Wewenang Pemerintah Desa Dalam Pengelolaan Air Minum Di kecamatan Ile Boleng Kabupaten Flores Timur

XML

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui tugas dan wewenang dari pemerintah desa dalam upaya pengelolaan air minum di Kecamatan Ile Boleng dan, (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam upaya pelayanan pengelolaan air minum di Kecamatan Ile Boleng Kabupaten Flores Timur.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yuridis empiris yakni penelitian yang datanya diperoleh langsung dari lokasi penelitian dengan melakukan pendekatan perundang-undangan dan konseptual. Sumber dan Jenis data yaitu Data Primer dan Data Sekunder. Data Sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, sekunder, dan tersier.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanan, (1) tugas dan wewenang pemerintah desa dalam pengelolaan air minum di Kecamatan Ile Boleng khususnya Desa Helanlangowuyo, Lewoblolong, dan Desa Harubala yang meliputi pemilihan sumber air baku yakni pengukuran debit air, pengukuran kuantitas, penentuan jumlah dan kepadatan penduduk, menghitung kebutuhan akan air bersih. Dan sistem pengolaan air bersih meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengadaan serta pertanggung jawaban di Desa Helanlangowuyo dan Desa Harubala belum terlaksana dengan efektif, sedangkan untuk Desa Lewoblolong sudah bisa dikatakan efektif dan sebagai desa percontohan. (2) Faktor yang menjadi penghambat pelaksanaan tugas dan wewenang pemerintah desa dalam pengelolaan air minum yakni kurang terjalin dengan baik komunikasi antar pemerintah dari tingkat Kabupaten ke Pemerintah Desa dan sumber daya pendukung seperti Sumber Daya Manusia yang masih rendah, serta Sumber Daya Anggarannya juga masih sangat terbatas.
Disarankan agar Pemerintah Desa khususnya di Kecamatan Ile Boleng Kabupaten Flores Timur lebih memprioritaskan masalah yang ada di Desa Helanlanlangowuyo dan Desa Harubala dengan melakukan pembagian tugas serta kewenangan sesuai dengan tim yang sudah ditentukan dan lebih meningkatkan lagi sumber daya manusia agar pelaksanaan pengelolan air minum di desa tersebut bisa teratasi.

Kata Kunci: Pengelolaan, Air Minum, dan Pemerintah Desa.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1602010088
Dosen Pembimbing
RAFAEL R TUPEN - 196404201992031001 - Dosen Pembimbing 1
JOSEF MARIO MONTEIRO - 197505202006041001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kotan Y Stefanus - 196012271987021001 - Ketua Penguji
Rafael R Tupen - 196404201992031001 - Penguji 1
Josef Mario Monteiro - 197505202006041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 LAM S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA