Skripsi
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Terhadap Sifat-sifat Cahaya Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Oebufu
XMLRumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar siswa tentang sifat-sifat cahaya dengan menggunakan model Discovery Learning di kelas IV SD Inpres Oebufu? Oleh karena rumusan masalah tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa terhadap sifat-sifat cahaya dengan menggunakan model discovery learning di kelas IV SD Inpres Oebufu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan empat tahapan yakni: Perencanaan,Pelaksanaan, Observasi, dan Tes serta Refleksi, dengan subjek penelitian terdiri dari 20 siswa kelas IV SD Inpres Oebufu. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Oebufu, Kota Kupang. Dengan hasil penelitian menunjukan bahwa dari 20 siswa, yang tuntas pada siklus I hanya 8 orang siswa (40%), sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 12 orang siswa (60%). Dengan hasil yang diperoleh pada siklus I guru melanjutkan peneltian ke siklus II pada tahap ini hasil belajar siswa mengalami peningkatan dimana dari 20 siswa terdapat 19 orang siswa yang mencapai ketuntasan dengan persentase ketuntasan(95%) dan hanya 1 orang siswa yang tidak tuntas.
Kata Kunci : Model Discovery Learning, Sifat Cahaya, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Rian Orlando Glendino Theak - Personal Name
|
Student ID |
1701140165
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1 Taty R. Koroh - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 THE M
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |