Strategi Guru Dalam Pengembangan Nilai Kristiani Dan Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas IV Di SD Inpres Oeletsala Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Strategi Guru Dalam Pengembangan Nilai Kristiani Dan Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas IV Di SD Inpres Oeletsala Kabupaten Kupang

XML

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apa saja nilai-nilai kristiani yang diterapkan guru dalam pengembangan nilai kristiani siswa kelas IV di SD Oeletsala? (2) Bagaimana strategi guru dalam pembentukan karakter disiplin siswa kelas IV di SD Oeletsala?, (3) Apa saja faktor pendukung yang dihadapi guru dalam pembentukan karakter disiplin siswa kelas IV di SD Oeletsala? (4) Bagaimana hambatan yang dihadapi guru dalam pembentukan karakter disiplin siswa kelas IV di SD Oeletsala?, Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui nilai-nilai Kristiani yang akan diterapkan guru dalam pengembangan nilai kritiani siswa kelas IV di SD Oeletsala, (2) Untuk mengetahui strategi guru dalam pembentukan karakter disiplin siswa kelas IV di SD Oeletsala, (2) Untuk mengetahui faktor pendukung yang dihadapi guru dalam Pembentukan karakter disiplin siswa kelas IV di SD Oeletsala, (4) Untuk mengetahu faktor penghambat dalam pembentukan karakter disiplin siswa kelas IV di SD Oeletsala.Jenis penelitian yang digunakan adalahDeskriptif Kualitatif dengan jumlah responden 5 orang, terdiri dari 2 orang perempuan dan 3 orang laki-lak. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu teknik observasi, teknik wawancara dan teknik studi dokumentasi sedangkan teknik analisi data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang digunakan guru dalam pengembangan nilai kristiani dan pembentukan karakter disiplin siswa kelas IV di SD Inpres Oeletsala,yaitu dalam pengembangan nilai kristiani strategi yang setiapa kegiatan pembelajaran PAK diwajibkan membawa Alikatab, menulis buku mingguan dan mewajibkan siswa untuk bisa berkomunikasi dengan Tuhan atau berdoa, adapun juga strategi yang digunakan dalam pembentukan karakter disiplin metode keteladanan, melalui pembiasaan, guru sebagai modeln atau contoh utama dan memberi sanksi bagi siswa yang melanggar peraturan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Strategi Guru dapat membentu dalam Pengembangan Nilai Kristiani dan Pembentukan Karakter Disiplin Siswa kelas IV SD Inpres Oeletsala Kabupaten Kupang.
Kata Kunci: Strategi, Nilai Kristiani, Karakter, Disiplin


Detail Information

Item Type
Penulis
Melda Yunita Leo Leba - Personal Name
Student ID
1701140189
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 1
Taty R. Koroh - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 LEB S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA