Penggunaan Media Manik-Manik Bilangan dalam Pembelajaran Tentang Operasi Bilangan Bulat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Kelas VI SD Negeri Moin Fe'u

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Media Manik-Manik Bilangan dalam Pembelajaran Tentang Operasi Bilangan Bulat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Kelas VI SD Negeri Moin Fe'u

XML

ABSTRAK
Dalam kegiatan belajar mengajar, media pembelajaran memiliki peranan yang penting dalam memudahkan peserta didik untuk memahami materi yang sedang dipelajari. Selain itu, dengan adanya penggunaan media juga dapat mempengaruhi minat belajar. Pada saat pandemi minat maupun hasil belajar dari peserta didik juga menurun, sebab terdapat pembatasan waktu belajar di sekolah sehingga guru mengalami kesulitan untuk menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dan juga para peserta didik pun dituntut untuk dapat menguasai materi dengan cara belajar mendiri di rumah dengan segala keterbatasan yang ada, seperti kurangnya sumber-sumber belajar yang mumpuni. Berdasarkan hal tersebut, ketika pandemi mulai berangsur-angsur menurun, peneliti mencoba untuk menerapkan penggunaan media manik-manik bilangan bulat pada pembelajaran tentang operasi bilangan bulat untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Penelitian yang digunakan merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan langkah-langkah yang dikemukakan oleh Kemmis dan McTaggart yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD Negeri Moin Fe’u yang berjumlah 17 orang, dan objek dari penelitian ini yaitu keaktifan dari peserta didik maupun guru dan juga hasil belajar peserta didik pada muatan pembelajaran matematika melalui penggunaan media manik-manik bilangan bulat. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi baik aktivitas guru maupun aktivitas peserta didik serta tes yang digunakan untuk mengukur pemahaman peserta didik pada materi operasi bilangan yang melibatkan bilangan bulat negatif. Seluruh data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan media manik-manik bilangan dalam pembelajaran tentang operasi bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI SD Negeri Moin Fe’u pada muatan pembelajaran matematika pada setiap siklusnya, dimana sebelum adanya tindakan penggunaan media manik-manik bilangan bulat persentase peserta didik yang dinyatakan tuntas pada materi operasi bilangan bulat berjumlah 35,29%. Kemudian setelah menggunakan media manik-manik bilangan bulat terjadi peningkatan. Pada siklus I persentase siswa yang tuntas mencapai 52,9% dan pada siklus II kembali meningkat menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya penggunaan media manik-manik bilangan dalam pembelajaran tentang operasi bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Media Manik-Manik Bilangan Bulat, Operasi Bilangan Bulat


Detail Information

Item Type
Penulis
Apryani Rame - Personal Name
Student ID
1701140063
Dosen Pembimbing
WARA SABON DOMINIKUS - 196708041993031003 - Dosen Pembimbing 1
Sarah Nurhabibah, S.Pd., M.Pd - 19941127 201903 2 024 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Apr P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA