Penerapan Model Discovery Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Cabri 3D Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII C SMP Negeri 10 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Discovery Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Cabri 3D Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII C SMP Negeri 10 Kupang

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan aplikasi Cabri 3D untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar di kelas VIII C SMP Negeri 10 Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas VIII C SMP Negeri 10 Kupang yang berjumlah 24 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, tes, dan kuisioner, dengan instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi guru dan siswa, soal tes dan kuisioner respon siswa. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini memiliki 4 tahapan yaitu 1) Perencanaan (planning); 2) Pelaksanaan tindakan (action); 3) Pengamatan (observation); 4) Refleksi (reflection).
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil tes pemahaman konsep siswa diakhir siklus I adalah 66,33, kemudian meningkat menjadi 76,49 diakhir siklus II. Pemahaman konsep klasikal setiap indikator juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pemahaman konsep klasikal indikator 1 yaitu 67,06% lalu meningkat menjadi 89,47%, indikator 2 yaitu 65,72% meningkat menjadi 72,42% dan indikator 3 yaitu 65,58% meningkat menjadi 70,08%. Persentase aktivitas guru juga mengalami peningkatan yakni 75 pada siklus I menjadi 91,25 pada siklus II. Di samping itu, persentase aktivitas siswa juga turut meningkat dari 67,5 menjadi 88,33. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan aplikasi Cabri 3D dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar.

Kata Kunci : Cabri 3D, Discovery Learning, Bangun ruang sisi datar, Pemahaman konsep


Detail Information

Item Type
Penulis
MARIA STEFANY D. MADIN - Personal Name
Student ID
1801030040
Dosen Pembimbing
Patrisius Afrisno Udil - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Patrisius Afrisno Udil - 19930911 201903 1 020 - Penguji 1
Magdalena Wangge - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 MAD P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA