Skripsi
Penerapan Model Discovery Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Cabri 3D Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII C SMP Negeri 10 Kupang
XMLTujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan aplikasi Cabri 3D untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar di kelas VIII C SMP Negeri 10 Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas VIII C SMP Negeri 10 Kupang yang berjumlah 24 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, tes, dan kuisioner, dengan instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi guru dan siswa, soal tes dan kuisioner respon siswa. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini memiliki 4 tahapan yaitu 1) Perencanaan (planning); 2) Pelaksanaan tindakan (action); 3) Pengamatan (observation); 4) Refleksi (reflection).
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil tes pemahaman konsep siswa diakhir siklus I adalah 66,33, kemudian meningkat menjadi 76,49 diakhir siklus II. Pemahaman konsep klasikal setiap indikator juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pemahaman konsep klasikal indikator 1 yaitu 67,06% lalu meningkat menjadi 89,47%, indikator 2 yaitu 65,72% meningkat menjadi 72,42% dan indikator 3 yaitu 65,58% meningkat menjadi 70,08%. Persentase aktivitas guru juga mengalami peningkatan yakni 75 pada siklus I menjadi 91,25 pada siklus II. Di samping itu, persentase aktivitas siswa juga turut meningkat dari 67,5 menjadi 88,33. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan aplikasi Cabri 3D dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar.
Kata Kunci : Cabri 3D, Discovery Learning, Bangun ruang sisi datar, Pemahaman konsep
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
MARIA STEFANY D. MADIN - Personal Name
|
Student ID |
1801030040
|
Dosen Pembimbing |
Patrisius Afrisno Udil - - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 MAD P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |