Penggunaan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Tentang Sifat-Sifat Cahaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDI Basadebu (Penelitian Tindakan Kelas)

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Tentang Sifat-Sifat Cahaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDI Basadebu (Penelitian Tindakan Kelas)

XML

ABSTRAK
Skripsi oleh Oktoviana Maria A. A. Kolo dengan Nomor Induk Mahasiswa 1601140047.PGSD.2022 dengan judul “Penggunaan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Tentang Sifat-Sifat Cahaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDI Basadebu”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan model Discovery Learning dalam pembelajaran tentang sifat-sifat cahaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Inpres Basadebu? Oleh karena rumusan masalah tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di kelas IV SD Inpres Basadebu melalui penerapan model Discovery Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan empat tahapan yakni: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Tes serta Refleksi dengan subjek penelitian terdiri dari 18 siswa kelas IV SD Inpres Basadebu. Pengumpulan Data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang telah diperoleh diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Basadebu, Kabupaten Malaka. Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 18 siswa yang tuntas pada siklus I terdapat 11 orang siswa (61%) karena berkonsentrasi dalam mengikuti pembelajaran, aktif memberikan pertanyaan, serta aktif dalam menyampaikan pendapat dan turut serta mengambil kesimpulan saat pembelajaran berakhir. Sedangkan tidak tuntas sebesar orang siswa (39%) karena guru kurang memberi penjelasan materi secara detail, guru kurang membantu siswa dalam berdiskusi dan menyelesaikan Lembar kerja peserta didik, serta siswa sendiri tidak aktif dalam pembelajaran dan tidak berkonsentrasi dalam pembelajaran. Selanjutnya siklus II dari 18 siswa semuanya mengalami peningkatan hasil belajar atau mendapatkan nilai tuntas (100%) karena guru dan siswa sama-sama bekerja sama dan lebih aktif dalam pembelajaran, serta siswa berkonsentrasi dengan baik selama pembelajaran. Oleh karena persentase ketuntasan hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar(39%). Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa “Penggunaan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Tentang Sifat-Sifat Cahaya Untuk dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDIBasadebu. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Sifat Cahaya, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1601140047
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 1
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Kol P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA