Skripsi
Proses Komunikasi Transaksional Guru Bimbingan Konseling Dan Siswa Di SMP Negeri 15 Kota Kupang
XMLTujuan penelitian yakni untuk mengetahui proses komunikasi transaksional guru bimbingan konseling dan siswa di SMP Negeri 15 Kota Kupang. Peneliti menggunakan teori analisis transaksional yang dikemukakan Erick Berne untuk menganalisis data. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan instrument wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai alat pengambilan data. Penulisan skripsi ini mencakup bentuk, cara dan isi pesan dalam komunikasi transaksional. Hasil penelitian, proses komunikasi transaksional yang terjadi berlangsung secara baik, dari siswa maupun guru BK sama-sama kooperatif dalam berkomunikasi, adanya respon verbal dan nonverbal yang terjadi. Respon nonverbal yang terlihat adalah adanya anggukan, memainkan alis mata, menggelengkan kepala, memegang rambut dan menoleh kiri-kanan. Peneliti kemudian menemukan kesimpulan bahwa dalam komunikasi transaksional antara guru bimbingan konseling dan siswa berlangsung dengan baik. Selain itu berdasarkan analisis transaksional peneliti menemukan bahwa dalam komunikasi transaksionl yang terjadi pada guru bimbingan konseling adalah guru bimbingan konseling memerankan ego state orang tua dan orang dewasa namun lebih di dominasi oleh ego state orang dewasa. Kata Kunci: Proses Komunikasi, Analisis Transaksional, Komunikasi Transaksional, Guru Bimbingan Konseling, Siswa.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Siti Marwah - Personal Name
|
Student ID |
1601160006
|
Dosen Pembimbing |
Imanuel Lohmay - 195805051986011001 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Imanuel Lohmay - 195805051986011001 - Ketua Penguji
Andriani Paulin Nalle - 198304142008122004 - Penguji 1 Putu Agus Indrawan - 198909302018031001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Bimbingan Konseling
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.01 Mar P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |