Desain Hypothetical Learning Trajectory (HLT) Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Materi Luas Permukaan Kubus Dan Balok Di SMP Negeri Satap Robo Kabupaten Manggarai

Detail Cantuman

Skripsi

Desain Hypothetical Learning Trajectory (HLT) Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Materi Luas Permukaan Kubus Dan Balok Di SMP Negeri Satap Robo Kabupaten Manggarai

XML

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketidakmampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan terkait materi luas permukaan kubus dan balok. Dimana salah satu penyebabnya adalah karena pembelajaran yang seringkali terpusat pada guru dan praktik mengajar dengan pemberian produk jadi kepada siswa (Kusumawati, 2011). Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain hypothetical learning trajectory dengan Pendekatan PMRI pada materi luas permukaan kubus dan balok di SMP Negeri Satap Robo Kabupaten Manggarai.
Penelitian ini menggunakan metode design research yang mana metode ini difokuskan pada pengembangan desain hypothetical learning trajectory. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melibatkan enam orang siswa pada siklus pilot experiment dan 26 orang siswa pada siklus teaching experiment. Penelitian ini bertempat di SMP Negeri Satap Robo dan focus penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan secara kualitatif.
Penelitian ini menghasilkan suatu learning trajectory melalui pendekatan PMRI yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran terkait materi luas permukaan kubus dan balok di SMP Negeri Satap Robo. Learning trajecoty yang dihasilkan terdiri atas 12 aktivitas dimana pendekatan PMRI menjadi acuan utama dalam setiap aktivitas yang ada. Konteks yang digunakan pada penelitian ini merupakan permasalah yang bersifat realisitic yaitu masalah terkait membungkus kotak menggunakan kertas kado dan masalah membuat kotak dari kertas karton. Kemudian siswa diminta menggambar dan mengidentifikasi bentuk kotak berdasarkan masalah yang ada. Selanjutnya siswa diminta untuk menemukan dan menggambar jaring-jaring dari bangun ruang kubus dan balok, kemudian dilanjutkan dengan meminta siswa menemukan luas tiap jaring-jaring kubus dan balok tersebut. Aktivitas selanjutnya yaitu menyelesaikan permasalahan yang diberikan di awal pembelajaran dan diakhiri dengan menyimpulkan rumus luas permukaan kubus dan balok.

Kata kunci : hypothetical learning trajectory, Luas permukaan kubus dan balok, PMRI


Detail Information

Item Type
Penulis
THERESIA ADETRI MATRON - Personal Name
Student ID
1801030054
Dosen Pembimbing
KRISNANDARI EKOWATI - 196409171990032001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Magdalena Wangge - - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 MAT D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA