EFEKTIVITAS SISTEM PENGELOLAAN PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK NASIONAL LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (SP4N LAPOR!) DALAM RANGKA PEMANTAUAN PELAYANAN PUBLIK DI KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

EFEKTIVITAS SISTEM PENGELOLAAN PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK NASIONAL LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (SP4N LAPOR!) DALAM RANGKA PEMANTAUAN PELAYANAN PUBLIK DI KOTA KUPANG

XML

Tujuan yang ingin dicapai penulis melalui penelitian ini ialah untuk mengetahui efektifitas pengelolaan SP4N LAPOR! dalam rangka pemantaun pelayanan publik di Kota Kupang dan faktor-faktor penyebab tidak efektifnya pengelolaan SP4N LAPOR! dalam rangka pemantauan pelayanan publik di Kota Kupang. Manfaat teoretis dari penelitian ini ialah menjadi bahan rujukan atau referensi bagi penelitian lanjutan mengenai efektifitas pengelolaan SP4N LAPOR! dalam rangka pemantaun pelayanan publik di Kota Kupang dan faktor-faktor penyebab tidak efektifnya pengelolaan SP4N LAPOR! dalam rangka pemantauan pelayanan publik di Kota Kupang. Sedangkan manfaat praktis dari penelitian ini diharapkan memberikan manfaat praktis berupa bahan masukan bagi Pemerintah Kota Kupang, Pengelola Aplikasi SP4N LAPOR! Kota Kupang dan seluruh masyarakat Kota Kupang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari segi pengelolaan dan penyelesaian pengaduan masyarakat, SP4N LAPOR! Kota Kupang cukup efektif sebab seluruh pengaduan yang masuk selama tahun 2019-2020 berhasil ditindaklanjuti dan diselesaikan dengan baik. Meskipun demikian, dari segi jangkauan dan pemanfaatan, sistem ini belum efektif karena jumlah pengaduan masyarakat masih sangat rendah jika dibandingkan dengan persoalan pelayanan publik yang terjadi di Kota Kupang.Kesimpulan penelitian ini ialah Pengelolaan SP4N LAPOR! di Kota Kupang jika ditinjau dari segi pengelolaan dan tindak lanjut serta penyelesaian pengaduan sudah cukup efektif sebab selama kurun waktu 2019-2020, seluruh pengaduan yang masuk berjumlah 68 (enam puluh delapan) pengaduan berhasil ditindaklanjuti dan diselesaikan dengan baik namun dari segi jangkauan belum efektif sebab jumlah pengaduan masih sangat sedikit sebab masih minimnya sosialisasi mengenai SP4N LAPOR! dan rendanya partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan SP4N LAPOR!

Kata Kunci : SP4N LAPOR!, Pelayanan Publik, Pengaduan Masyarakat


Detail Information

Item Type
Penulis
SHANDRA YUVITHA BOELLAN - Personal Name
Student ID
1702020019
Dosen Pembimbing
YOHANES G TUBA HELAN - 196001101986011002 - Dosen Pembimbing 1
Detji K. E. R. Nuban - 19881210 201903 2 018 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Umbu Lily Pekuwali - 195803121986011100 - Ketua Penguji
Yohanes G Tuba Helan - 196001101986011002 - Penguji 1
Detji K. E. R. Nuban - 19881210 201903 2 018 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
74201 BOE E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA