Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament Berbasis Media Ludo Math Game Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Materi Luas Dan Keliling Bangun Datar Di SD Inpres Mundek, Kabupaten Rote Ndao

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament Berbasis Media Ludo Math Game Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Materi Luas Dan Keliling Bangun Datar Di SD Inpres Mundek, Kabupaten Rote Ndao

XML

Skripsi oleh Deritno Yupiter Lau, Nim 1701140076, berjudul “penerapan model pembelajaran team game tournament berbasis media Ludo Math Game untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi luas dan keliling bangun datar di SD Inpres Mundek, Kabupaten Rote Ndao”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan model pembelajaran team game tournament berbasis media Ludo Math Game dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi luas dan keliling bangun datar khususnya persegi, persegi panjang dan segi tiga di SD Inpres Mundek?. Meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi luas dan keliling bangun datar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan pelaksanaan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dengan mengambil lokasi penelitian di SDI Mundek. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes.
Penelitian ini diadakan di SD Inpres Mundek dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I dari 20 orang subjek yang tuntas berjumlah 8 orang dengan persen sebesar (40%) tuntas karena memusatkan perhatian, aktif dalam kelas, mengerjakan soal dengan teliti dan tertib saat pembelajaran berlangsung. Sedangkan yang tidak tuntas berjumlah 12 orang dengan persen sebesar (60%) tidak tuntas karena belum mencapai standar ketuntasan dan siswa kurang memusatkan perhatian saat guru memaparkan materi dan kurang teliti saat mengerjakan soal. Selanjutnya siklus II mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan bahwa dari 20 subjek penelitian Dimana dari 20 orang siswa hanya 1 siswa (5%) yang belum mencapai indikator ketuntasan sedangkan 19 siswa (95%) telah mencapai bahkan melewati KKM yang telah ditetapkan yaitu ≥70 dan untuk siswa yang belum mencapai KKM akan diberikan bimbingan khusus dari wali kelas..
Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan model pembelajaran team game tournament berbasis Media ludo math game dalam pembelajaran tentang luas dan keliling bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDI Mundek kabupaten Rote Ndao.


Kata Kunci : Model pembelajaran team game tournament, media ludo math game, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Deritno Yupiter Lau - Personal Name
Student ID
1701140076
Dosen Pembimbing
Martha K. Kota, S.Pd, M.Pd - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1
Wara Sabon Dominikus - 196708041993031003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 LAU P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA