Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Pythagoras Di Kelas VIIIK SMPN 1 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Pythagoras Di Kelas VIIIK SMPN 1 Kupang

XML

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada siswa SMP Negeri 1 Kupang dan kurangnya kreativitas guru dalam memilih model pembelajaran serta media yang tepat dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Pythagoras dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan GeoGebra.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, tes dan kuisioner respon siswa dengan instrumen penelitian adalah lembar observasi, soal tes dan kuisioner. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan terjadinya peningkatan siklus I ke siklus II yaitu hasil tes kemampuan pemecahan masalah meningkat dari 52,38% menjadi 85,71% dengan aspek kemampuan pemecahan masalah juga meningkat yaitu: a) aspek memahami masalah dari 57,82% menjadi 88,09%, b) aspek merencanakan pemecahan masalah dari 58,26% menjadi 77,55%, c) aspek menyelesaikan masalah dari 77,95% menjadi 80% dan d) aspek menyimpulkan dari 77,43% menjadi 86,51%. Keterlaksanaan data observasi guru mengajar meningkat dari nilai 88,31 menjadi 94,43, data observasi aktivitas siswa meningkat dari nilai 79,88 menjadi 91,49. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan GeoGebra di SMP Negeri 1 Kupang.

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based Learning, GeoGebra, Pythagoras


Detail Information

Item Type
Penulis
MARIA JOSEFA DUA BURA - Personal Name
Student ID
1801030078
Dosen Pembimbing
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 1
Ofirenty E. Nubatonis - 19861029 201903 2 010 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Patrisius Afrisno Udil - 19930911 201903 1 020 - Ketua Penguji
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Penguji 1
Ofirenty E. Nubatonis - 19861029 201903 2 010 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 BUR P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA