Skripsi
Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Pythagoras Di Kelas VIIIK SMPN 1 Kupang
XMLPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada siswa SMP Negeri 1 Kupang dan kurangnya kreativitas guru dalam memilih model pembelajaran serta media yang tepat dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Pythagoras dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan GeoGebra.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, tes dan kuisioner respon siswa dengan instrumen penelitian adalah lembar observasi, soal tes dan kuisioner. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan terjadinya peningkatan siklus I ke siklus II yaitu hasil tes kemampuan pemecahan masalah meningkat dari 52,38% menjadi 85,71% dengan aspek kemampuan pemecahan masalah juga meningkat yaitu: a) aspek memahami masalah dari 57,82% menjadi 88,09%, b) aspek merencanakan pemecahan masalah dari 58,26% menjadi 77,55%, c) aspek menyelesaikan masalah dari 77,95% menjadi 80% dan d) aspek menyimpulkan dari 77,43% menjadi 86,51%. Keterlaksanaan data observasi guru mengajar meningkat dari nilai 88,31 menjadi 94,43, data observasi aktivitas siswa meningkat dari nilai 79,88 menjadi 91,49. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan GeoGebra di SMP Negeri 1 Kupang.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based Learning, GeoGebra, Pythagoras
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
MARIA JOSEFA DUA BURA - Personal Name
|
Student ID |
1801030078
|
Dosen Pembimbing |
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 1
Ofirenty E. Nubatonis - 19861029 201903 2 010 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Patrisius Afrisno Udil - 19930911 201903 1 020 - Ketua Penguji
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Penguji 1 Ofirenty E. Nubatonis - 19861029 201903 2 010 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 BUR P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |