Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Aplikasi Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Lingkaran di Kelas VIII F SMP Negeri 1 Kupang
XMLPermasalahan yang mendasari penelitian ini adalah kurangnya kreativitas guru dalam menerapkan model pembelajaran juga minimnya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi yang dilakukan guru di kelas VIII F SMP Negeri 1 Kupang pada materi Lingkaran, sehingga pelajaran matematika menjadi pelajaran yang abstrak bagi siswa, akibatnya pemahaman konsep siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan aplikasi GeoGebra untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada materi lingkaran di kelas VIII F SMP Negeri 1 Kupang.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan, dan Reflesksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Kupang dan guru peneliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, tes, dan kuisioner, dengan instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi guru dan siswa, soal tes, kuisioner respon siswa, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil tes pemahaman konsep siswa diakhir siklus I adalah 59,04, kemudian meningkat menjadi 74,77 diakhir siklus II. Persentase aktivitas guru juga mengalami peningkatan yakni dari siklus I 82,29 menjadi 93,75 pada siklus II. Di samping itu, persentase aktivitas siswa juga turut meningkat dari 74,04 menjadi 90,38. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan aplikasi GeoGebra dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi lingkaran.
Kata Kunci : GeoGebra, Group Investigation, Lingkaran, Pemahaman konsep
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Alfonsa Telmi Juita - Personal Name
|
Student ID |
1801030079
|
Dosen Pembimbing |
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Jui P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |