Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Aplikasi Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Lingkaran di Kelas VIII F SMP Negeri 1 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Aplikasi Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Lingkaran di Kelas VIII F SMP Negeri 1 Kupang

XML

Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah kurangnya kreativitas guru dalam menerapkan model pembelajaran juga minimnya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi yang dilakukan guru di kelas VIII F SMP Negeri 1 Kupang pada materi Lingkaran, sehingga pelajaran matematika menjadi pelajaran yang abstrak bagi siswa, akibatnya pemahaman konsep siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan aplikasi GeoGebra untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada materi lingkaran di kelas VIII F SMP Negeri 1 Kupang.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan, dan Reflesksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Kupang dan guru peneliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, tes, dan kuisioner, dengan instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi guru dan siswa, soal tes, kuisioner respon siswa, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil tes pemahaman konsep siswa diakhir siklus I adalah 59,04, kemudian meningkat menjadi 74,77 diakhir siklus II. Persentase aktivitas guru juga mengalami peningkatan yakni dari siklus I 82,29 menjadi 93,75 pada siklus II. Di samping itu, persentase aktivitas siswa juga turut meningkat dari 74,04 menjadi 90,38. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan aplikasi GeoGebra dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi lingkaran.

Kata Kunci : GeoGebra, Group Investigation, Lingkaran, Pemahaman konsep


Detail Information

Item Type
Penulis
Alfonsa Telmi Juita - Personal Name
Student ID
1801030079
Dosen Pembimbing
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Jui P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA