PENGARUH PRASARANA TRANSPORTASI TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI DI PEDESAAN (Studi Kasus: Desa Eban, Kecamatan Miomaffo-Barat Kabupaten Timor Tengah Utara )

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH PRASARANA TRANSPORTASI TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI DI PEDESAAN (Studi Kasus: Desa Eban, Kecamatan Miomaffo-Barat Kabupaten Timor Tengah Utara )

XML

Perkernbangan sarana dan prasarana transportasi rnerupakan kornponen sangat penting dalarn rnenunjang keberhasilan pernbangunan terutarna dalarn rnendukung kegiatan perekonornian rnasyarakat dan rneningkatkan pengernbangan wilayah baik di daerah pedesaan rnaupun daerah perkotaan. Dengan adanya pernbangunan prasarana jalan yang baik, rnasyarakat dapat rnenggunakan jalan tersebut dengan berbagai kebutuhan yang rnereka perlukan. Penelitian ini bertujuan untuk rnengetahui bagairnana pengaruh prasarana transportasi terhadap peningkatan ekonorni rnasyarakat dan pengernbangan wilayah di Desa Eban Kecarnatan Miornafo Barat. Metode analisis yang digunakan dalarn penelitian ini berupa skala likert, analisis regresi linear berganda dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian rnenunjukan bahwa Pengaruh prasarana transportasi terhadap peningkatan ekonorni rnasyarakat di Desa Eban rnerniliki pengaruh yang positif. Sernakin baik aksesibilitas, kondisi prasarana, pendapatan rnasyarakat, biaya logistik, dan distribusi barang dan jasa rnaka akan rneningkatkan ekonorni rnasyarakat. Berdasarkan analisis penentuan skor dengan rnenggunakan skala likert, dengan 5 variabel independen menunjukan bahwa yang rnerniliki nilai skala likert paling besar yaitu variabel distribusi barang dan jasa dengan nilai skala likert 75% dan berdasarkan analisis regresi berganda diperoleh persarnaan sebagai berikut Y = 2,158 + 0,498X + 1,133X + 0,334X, + 0,118X + 0,227X, Hal ini rnenunjukan bahwa variabel ekonorni rnasyarakat dapat rneningkat sebesar 2,158 tanpa dipengaruhi oleh variabel independen dan dapat diketahui bahwa variabel bebas yang paling berpengaruh adalah variabel kondisi prasarana dengan koefisien 1,133, sedangkan untuk Pengaruh prasarana transportasi terhadap pengernbangan wilayah Desa Eban rnerniliki pengaruh yang positif. Sernakin baik aksesibilitas, kondisi prasarana, pendapatan rnasyarakat, biaya logistik, dan distribusi barang dan jasa rnaka akan rneningkatkan pengernbangan wilayah desa. Berdasarkan hasil analisis korelasi dengan rnenggunakan korelasi berganda antara setiap variabel bebas secara sirnultan terhadap ekonorni rnasyarakat dan pengernbangan wilayah diperoleh nilai (R) sebesar 0,47. Hal ini rnenunjukan bahwa antara prasarana transportasi di Desa Eban rnerniliki tingkat hubungan sedang dengan ekonorni rnasyarakat dan pengernbangan wilayah. Dan uji signifikansi korelasi berganda diperoleh nilai Fang lebih besar dari Faa (4,39>
2,31) rnaka terdapat hubungan atau pengaruh yang signifikan antara 5 variabel
bebas terhadap ekonorni rnasyarakat dan pengernbangan wilayah di Desa Eban.
Kata kunci : Prasarana Transportasi, Ekonorni Masyarakat, Pengembangan Wilayah


Detail Information

Item Type
Penulis
LIDWINA LIDYA NIFU - Personal Name
Student ID
1706010012
Dosen Pembimbing
Hj. Andi Kumalawati - 196310301994122001 - Dosen Pembimbing 1
I MADE UDIANA - 196201101989031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Made Udiana, - - Penguji 1
Ruslan Ramang - 195901091986031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Edisi
Published
Departement
Teknik Sipil
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
222.01 Nif P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA