Perancangan Balai Pelatihan Vokasional bagi Penyandang Disabilitas Fisik di Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Perancangan Balai Pelatihan Vokasional bagi Penyandang Disabilitas Fisik di Kota Kupang

XML

Setiap penduduk memiliki hak dan kesempatan yang sama dalam berbagai aspek kehidupan tidak terkecuali bagi penyandang disabilitas fisik. Salah satu hak yang sangat dibutuhkan adalah hak untuk memperoleh didikan dan mengasah kemampuan. Keterbatasan fisik dan kurangnya fasilitas khusus bagi penyandang disabilitas fisik seringkali menjadi kendala untuk mengasah kemampuan maupun memperoleh pendidikan. Di Kota Kupang saat ini belum memiliki fasilitas untuk mengasah keterampilan bagi penyandang disabilitas fisik. Dari persoalan tersebut, maka diperlukan suatu wadah bagi penyandang disabilitas fisik untuk dapat melatih keterampilan yang berguna untuk membuka lapangan kerja guna mencapai kesejahteraan sosial. Dengan adanya Balai Pelatihan Vokasional Bagi Penyandang Disabilitas Fisik diharapkan mampu menciptakan peluang-peluang di dunia kerja bagi penyandang disabilitas fisik sesuai dengan kemampuan dan minat yang dimiliki dengan ruang yang ramah sehingga dapat diakses oleh penyandang disabilitas fisik.
Metode perancangan yang digunakan adalah metode peracangan arsitektural yang meliputi beberapa tahapan, yaitu identifikasi masalah, pengumpulan data, analisis, sintesis, hingga konsep perancangan sesuai dengan standar fasilitas dan aksesibilitas yang ideal bagi penyandang disabilitas fisik. Sebagaimana fungsinya sebaga lembaga pendidikan vokasional maka perancangan ini dibuat dengan standar- standar ruang pendidikan vokasional bagi penyandang disabilitas fisik pada umumnya dengan memberikan suasana yang lebih santai dan menyenangkan dalam setiap ruang melalui view maupun fasilitas penunjang sebagai sarana hiburan di sela kegiatan pembelajaran dan keterampilan. Setiap ruang dan sirkulasi memperhatikan ukuran dasar bagi penyandang disabilitas fisik ringan hingga sedang, material yang sesuai dengan kebutuhan serta penggunaan ramp, handrail, maupun railing.
Hasil perancangan Balai Pelatihan Vokasional Bagi Penyandang Disabilitas Fisik Di Kota Kupang berupa ruang pelatihan, fasilitas-fasilitas penunjang, dan ruang terbuka untuk interaksi sosial dengan memperhatikan aspek kemudahan, keselamatan, kegunaan,dan kemandirian serta ruang untuk pengelola, rumah dinas, dan fasilitas- fasilitas bagi pengelola.

Kata Kunci : Disabilitas Fisik, Pelatihan Vokasional, Perancangan.


Detail Information

Item Type
Penulis
Cicilia Saudale - Personal Name
Student ID
1606090103
Dosen Pembimbing
ROSVITAYATI UMBU NDAY - 198702252014042001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Rifat Yafet Yoktan Maromon - 19750101200812100 - Ketua Penguji
Rosvitayati Umbu Nday - 198702252014042001 - Penguji 1
Imanuel N Mbake - 198612232019031009 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
23201
Edisi
Published
Departement
Arsitektur
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
232.01 Sau P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA