Penerapan Model Pembelajaran Indeks Card Match dalam Pembelajaran Sejarah Tentang Terbentuknya Kepulauan Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA PGRI Oenai

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Indeks Card Match dalam Pembelajaran Sejarah Tentang Terbentuknya Kepulauan Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA PGRI Oenai

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sejarah tentang Terbentuknya Kepulauan Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran index card match pada Siswa Kelas XI SMA PGRI Oenai. Manfaat penelitian ini adalah: 1) Bagi siswa: Memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar lebih bermakna dan dapat memahami konsep dengan model pembelajaran index card match. 2) Bagi Guru: Dapat dijadikan refrensi dalam proses pembelajaran dikelas denganmengunakan model pembelajaran index card match. 3) Bagi Peneliti: Memberikan wawasan tambahan terkait model pembelajaran index card match untuk diterapkan dalam proses pembelajaran di dalam kelas. 4) Bagi peneliti dan lembaga terkait: Dapat dijadikan salah satu bahan masukan dan kajian, untuk penelitian pendidikan yang lebih lanjut terkait dengan penerapan model pembelajaran index card match. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di SMAN PGRI Oenai yang berlokasi Lokasi di Kecamatan Kie, Kabupaten Timor Tengah Selatan tahun ajaran 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini adalah orang-orang yang berada di lokasi penelitian yaitu, Kepala sekolah, Guru mata pelajaran sejarah, dan Siswa/siswi kelas XI. Prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Hasil penelitian ini menujukan bahwa Penerapan metode pembelajaran index card match dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah pada Siswa Kelas XI SMAS PGRI OENAI tahun ajaran 2021/2022. Hasil belajar sebelum Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah 66.7 dengan ketuntasan individu 15 peserta didik dan ketuntasan klasikal adalah 62.5%. Hasil belajar siklus I adalah 75.8 dengan ketuntasan individu 21 peserta didik dan ketuntasan klasikal adalah 87.5%. Hasil belajar siklus II adalah 87.9 dengan ketuntasan individu 24 peserta didik dan ketuntasan klasikal adalah 100%.

Kata Kunci: Pembelajaran, Index Card Match, Hasil belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Sarlina Teftae - Personal Name
Student ID
1701090077
Dosen Pembimbing
MALKISEDEK TANEO - 196704021994031003 - - Dosen Pembimbing 1
SUSILO SETYO UTOMO - 198906242014041001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
MALKISEDEK TANEO - 196704021994031003 - Ketua Penguji
Susilo Setyo Utomo - 198906242014041001 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
870.21 Tae P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA