Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture Materi Sistem Pencernaan pada Manusia di SMA Negeri 2 Sulamu T.A 2021/2022

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture Materi Sistem Pencernaan pada Manusia di SMA Negeri 2 Sulamu T.A 2021/2022

XML

Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Mei 2022, di SMA Negeri 2 Sulamu yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 melalui penggunaan model pembelajaran picture and picture pada materi sistem pencernaan manusia.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan subjek penelitian siswa-siswi kelas X1 IPA2 semester genap tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 20 orang yang terdiri dari 14 perempuan dan 6 laki-laki. Prosedur penelitian yang dilakukan terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu melakukan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik deskritif kuantitatif dengan data-data yang dianalisis antara lain data aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar peserta didik. Pengumpulan data-data penelitian menggunakan lembar tes yang diujikan pada saat tes awal (pretest) dan tes akhir (post test) dan lembar observasi yang terdiri atas lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I analisis ketuntasan individu diperoleh nilai rata-rata siswa pada postes adalah 70,62 dan persentase ketuntasan klasikal yaitu 56,25% dengan kriteria ketuntasan belajar secara klasikal belum berhasil, dan hasil analisis data persentase aktivitas guru dan aktivitas siswa yang dicapai yaitu 84,4% dan 77,8% dengan kualifikasi berhasil dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil penelitian pada siklus II menunjukan bahwa analisis ketuntasan individu diperoleh nilai rata-rata siswa pada postes adalah 81,25 dan persentase ketuntasan klasikal yaitu 81,25% dengan kriteria ketuntasan belajar secara klasikal berhasil, hasil analisis data persentase aktivitas guru dan aktivitas siswa yang dicapai yaitu 95,5% dan 97,8% dengan kualifikasi berhasil dengan kategori sangat baik.
Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Picture And Picture, Sistem Pencernaan Manusia.


Detail Information

Item Type
Penulis
Denry Frances Kuinbes - Personal Name
Student ID
1701040050
Dosen Pembimbing
ANDAM S ARDAN - 197205271999032001 - Dosen Pembimbing 1
NIKMAH - 196410231990012001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andam S Ardan - 197205271999032001 - Ketua Penguji
Nikmah - 196410231990012001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 KUI P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA