Tinjauan Yuridis Hak-Hak Nasabah Pegadaian Dalam Hal Terjadi Pelelangan Terhadap Barang Jaminan Elektronik (Studi Kasus di PT Pegadaian Cabang Oesapa)

Detail Cantuman

Skripsi

Tinjauan Yuridis Hak-Hak Nasabah Pegadaian Dalam Hal Terjadi Pelelangan Terhadap Barang Jaminan Elektronik (Studi Kasus di PT Pegadaian Cabang Oesapa)

XML

ABSTRAK

TINJAUAN YURIDIS HAK-HAK NASABAH PEGADAIAN DALAM HAL TERJADI PELELANGAN TERHADAP BARANG JAMINAN ELEKTRONIK (STUDI KASUS DI PT PEGADAIAN CABANG OESAPA¬). Agusthin Olivia Catherin Saba, Dibimbing oleh Sukardan Aloysius sebagai pembimbing I dan Yossie M. Y. Jacob sebagai pembimbing II
Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, baik itu kebutuhan pokok maupun kebutuhan lainnya. Salah satu lembaga perkreditan non perbankan yang dapat melayani masyarakat guna untuk mendapatkan kredit dengan mudah yaitu PT Pegadaian (Persero). Rumusan masalah adalah (1) Bagaimana tata cara atau prosedur pelaksanaan lelang terhadap barang jaminan elektronik di PT Pegadaian Cabang Oesapa?(2) Hak-hak apa sajakah yang dapat diperoleh nasabah pegadaian dalam hal terjadi pelelangan terhadap barang jaminan elektronik ? (3) Akibat Hukum yang muncul dalam hubungannya dengan pelaksanaan lelang terhadap barang jaminan elektronik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tata cara prosedur pelelangan, hak-hak nasabah ketika barang jaminan di lelang dan akibat hukum apa yang timbul jika barang jaminan dilelang. Manfaat penelitian secara praktis sebagai bahan informasi baik itu kepada PT Pegadaian dan juga masyarakat sebagai nasabah tentang hak-hak nasabah ketika barang jaminan dilelang. Metode penelitian ini adalah metode penelitian empiris yaitu berdasarkan data lapangan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Tata Cara atau Prosedur Pelaksanaan Lelang Terhadap Barang Jaminan di PT. Pegadaian Cabang Oesapa merupakan hal baku yang diterapkan PT. Pegadaian di seluruh Indonesia. Dan pihak-pihak yang terlibat dalam proses pelangan adalah, Pihak Pegadaian sebagai kreditur dan Pihak Nasabah sebagai debitur.. (2)Hak-hak yang dapat diperoleh nasabah pegadaian dalam hal terjadi pelelangan terhadap barang jaminan adalah Nasabah berhak mendapatkan uang kelebihan dari hasil lelang barang jaminan tersebut. (3)Akibat hukum yang timbul dalam pelaksanaan lelang terhadap barang jaminan elekronik pada PT Pegadaian (Persero) Cabang Oesapa dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain faktor yang disebabkan oleh kelalaian dari debitur.
Kesimpulan dari penelitian (1) prosedur pelaksanaan lelang pada PT Pegadaian (Persero) Cabang Oesapa mempunyai Kewenangan dalam hal debitur wanprestasi, maka kreditur berhak melakukan pelelangan melalui tahapan- tahapan yang sudah ditentukan; (2)Hak yang di peroleh Nasabah yaitu Barang Jaminannya yang akan di lelang oleh PT. Pegadaian maka Setelah Barang Jaminan milik Nasabah laku di Pelelangan, Nasabah berhak mendapatkan uang kelebihan dari hasil lelang barang jaminantersebut; (3) Akibat Hukum yang timbul dalam Pelaksanaan Lelang terhadap barang jaminan yaitu Nasabah kehilangan Barang Jaminan miliknya karena tidak melakukan pelunasan atau perpanjangan sewa modal.
Kata Kunci : Hak-hak Nasabah Pegadaian, barang jaminan elektronik


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1502020012
Dosen Pembimbing
Sukardan Aloysius, S.H., M.Hum - 195909061986011001 - Dosen Pembimbing 1
Yossie M. Y. Jacob, S.H., M.Hum - 197807072005012001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Siti Ramlah Usman - 196003051987032001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 Aba T
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA