Penggunaan Tik Tok Sebagai Media Sosial dalam Menunjukan Eksistensi Diri (Studi Fenomenologi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Undana)

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Tik Tok Sebagai Media Sosial dalam Menunjukan Eksistensi Diri (Studi Fenomenologi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Undana)

XML

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Penggunaan TikTok sebagai Media sosial dalam menunjukkan eksistensi diri dan Untuk mengetahui Motif penggunaan TikTok pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Undana. Teori yang dianggap relevan dalam penelitian ini adalah Teori Fenomenologi yang dikemukakan oleh Alfred Schutz. Penelitian menggunakan metode Kualitatif dan paradigma Kontrutivisme. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa/ mahasiswi Ilmu komunikasi semester 4, 8, 10. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang terdiri dari Reduksi data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penggunaan TikTok dikalangan Mahasiswa tidak hanya mengeksistensikan diri dengan menguploud video/konten ke TikTok, ada juga yang menjadikan TikTok sebagai Media hiburan, media informasi dan untuk mncari pengetahuan dan inspirasi. Adapun yang menggunakan TikTok, mempunyai akun tapi tidak menguploud video/ konten TikTok. Motif penggunaan TikTok adalah sebagai media hiburan dan untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru serta menambah pengetahuan dan mencari inspirasi serta membuat konten untuk bisa mendapatkan banyak Followers/ pengikut dan motif lainnya adalah mngikuti trend. Penelitian ini direkomendasikan untuk mahasiswa dan calon penulis selanjutnya agar penelitian ini bisa menjadi acuan atau pedoman yang baik untuk penelitian mengenai Penggunaan TikTok.
Kata kunci : Media Sosial, Eksistensi, Fenomenologi, trend, TikTok


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1703050026
Dosen Pembimbing
Veki Edizon Tuhana, S.I.Kom., M.I.Kom - 198902062019031012 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Drs. Lukas Lebi Daga,M.Si - 195911121987021001 - Ketua Penguji
Veki Edizon Tuhana, S.I.Kom., M.I.Kom - 198902062019031012 - Penguji 1
Dr. Yeremia Dj. Manafe, S.Sos, M.Si - 19700303 200501 1 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Rah P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA