Peranan Kelompok Tani Wanita Dalam Meningkatkan Usaha Tani Dan Pendapatan Anggota Di Desa Bijeli Kecamatan Noemuti Kabupaten Timor Tengah Utara

Detail Cantuman

Skripsi

Peranan Kelompok Tani Wanita Dalam Meningkatkan Usaha Tani Dan Pendapatan Anggota Di Desa Bijeli Kecamatan Noemuti Kabupaten Timor Tengah Utara

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran kelompok tani wanita dalam meningkatkan usaha tani dan pendapatan anggota, serta faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi peran kelompok tani wanita dalam meningkatkan usaha tani dan pendapatan di Desa Bijeli Kecamatan Noemuti Kabupaten Timor Tengah Utara.
Jenis penelitian dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan berjumlah 12 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan pemeriksaan kesimpulan. Fokus penelitian ini dilihat dari peranan kelompok tani wanita sebagai kelas belajar, wahana kerjasama, unit produksi dan pengambilan keputusan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok tani wanita belum maksimal dalam melakukan berbagai perannya diantaranya sebagai kelas belajar tidak semua anggota ikut berpartisipasi dalam kegiatan rutin dan pelatihan, pada wahana kerjasama kelompok juga belum mampu melakukan kerjasama dengan mitra pemasaran sehingga pendapatan yang didapat terbilang kecil karena pemasaran hanya pada lingkup desa, pada unit produksi dengan memanfaatkan sumber daya alam yaitu pengolahan lahan pertanian kurang maksimal dikarekan berbagai masalah seperti air dan sumber daya manusia dilihat bahwa kelompok belum mampu menggunakan alat teknologi yang didapat dimana mereka masih membutuhkan pendamping, pada pengambilan keputusan kelompok juga sudah cukup baik dimana mereka mengidentifikasi masalah dan evaluasi setiap hambatan dan masalah yang mereka hadapi. Saran untuk anggota kelompok tani wanita sehati sebaiknya pemanfaatan lahan pekarangan mereka ditingkatkan lagi secara optimal, agar hasilnya lebih baik dan lebih banyak. Untuk pemerintah Desa Bijeli sebaiknya lebih memperhatikan lagi kelompok tani wanita di Desa bijeli khususnya kelompok tani wanita sehati dengan cara membantu permodalan agar terciptanya kelompok tani yang sejahtera dan tercapainya tujuan dari kelompok tani yaitu peningkatan usahatani dan pendapatan. Pemerintah Setempat juga diharapkan untuk dapat memberikan bantuan alat teknologi yang lebih modern sekaligus mengajari para anggota kelompok tani wanita cara menggunakan alat tersebut. Untuk kelompok tani wanita agar menjalin kemitraan dengan pihak lain yang berkaitan dengan pemasaran produk diluar daerah atau lingkup Desa Bijeli.
Kata kunci : Peran, Kelompok Tani Wanita, Usaha Tani, Pendapatan Anggota


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1803010155
Dosen Pembimbing
PETRUS KASE - 196208091988031002 - Dosen Pembimbing 1
MADE NGURAH DEMI ANDAYANA - 197010292009121001 - Dosen Pembimbing 2
Markus Tae, S.Sos, M.SI - 197004152000031001 - Dosen Pembimbing 3
Penguji
Dr.Petrus Kase M.Soc.So - 196208091988031002 - Ketua Penguji
Made Ngurah Demi Andayana - 197010292009121001 - Penguji 1
Markus Tae - 197004152000031003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 KRI P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA