Skripsi
Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Indonesia Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Kelas Xi Sma Negeri 1 Ruteng-Anam
XMLTujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS I dengan menggunakan metode demonstrasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Ruteng-Anam. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 yang terdiri dari 30 orang. Prosedur penelitian dalam penelitian ini adalah siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen tes. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis tes hasil belajar.
Berdasarkan hasil analisis tes hasil belajar pada metode demonstrasi di SMA Negeri 1 Ruteng-Anam mengalami peningkatan terhadap hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dengan nilai rata-rata post-tes pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I terdapat 10 (33,33%) siswa yang memperoleh hasil belajar tuntas dan 20 (66,66%) siswa yang memperoleh hasil belajar belum tuntas. Sedangkan pada siklus II terdapat 28 (93,33%) siswa yang memperoleh hasil belajar tuntas dan 2 (6,66%) siswa yang belum tuntas. Peningkatan hasil belajar siswa pada kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ruteng-Anam dari siklus I siklus ke siklus II tidak terlepas dari kinerja siswa dalam menyelesaikan tugasnya dengan baik pada saat proses pembelajaran berlangsung sehingga hasil belajar siswa sesuai yang ditargetkan peneliti untuk mencapai ketuntasan hasil belajar siswa.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Antonius Priyadi Nilusandro - Personal Name
|
Student ID |
1701090049
|
Dosen Pembimbing |
Joni J. A. Ninu,M.Pd. - 196506281993031002 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
87201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Sejarah
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.01 Nil P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |