Skripsi
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Siklus Air Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Di Kelas V Sd Inpres Fatufeto 1 Kupang
XMLPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas V SD Inpres Fatufeto 1 Kupang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan empat tahapan yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes, rekfeksi dengan Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 27 orang yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang telah diperoleh diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Fatufeto 1 Kupang Kecamatan Alak, Kota Kupang. Dengan hasil pada siklus I nilai rata-rata kelas 71,85 meningkat menjadi 81,67 pada ada siklus II, dengan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II 9,82. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 55,56% meningkat menjadi 92,59% pada siklus II, dengan peningkatan persentase sebesar 37,03%. Aktifitas siswa pada siklus I mendapat jumlah nilai 55,41 menjadi 75,26 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 19,85, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam materi IPA tentang Siklus Air dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Inpres Fatufeto 1 Kupang.
Kata kunci: Teams Games Tournament, Hasil Belajar, Siklus Air
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Lisa Margreth Othuka - Personal Name
|
Student ID |
1801140028
|
Dosen Pembimbing |
Taty R. Koroh - 19621004 198811 2 001 - Dosen Pembimbing 1
Netty E.A. Nawa, S.Pd, M.Pd - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Ner P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |