Penggunaan Model Learning Cycle 5e Dalam Pembelajaran Ipa Tentang Siklus Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SD Inpres Oepura 2 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Learning Cycle 5e Dalam Pembelajaran Ipa Tentang Siklus Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SD Inpres Oepura 2 Kupang

XML

Tujuan untuk mengetahui penggunaan model Learning Cycle 5E dalam pembelajaran IPA Tentang siklus air dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SD Inpres oepura 2 kupang.Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, tes dan studi dokumentasi.Teknik analisis data yaitu Deskriptif kualitatif dengan mencari persentase dari data yang telah dikumpulkan kemudian diklasifikasikan kedalam perumusan yang telah ditetapkan.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Oepura 2 Kupang, penelitian menunjukan bahwa siklus I dari jumlah murid 20 siswa orang yang tuntas 13 orang dengan persentase ketuntasan 65% . aktivitas guru pada siklus I mencapai 80,87% dengan kategori baik. Aktivitas siswa mencapai 65% dengan kriteria cukup.Ketidakberhasilan belajar siswa tersebut dipengaruhi oleh faktor kurangnya media pembelajaran, materi tentang siklus air tanah, dan siswa yang tidak fokus dalam pembelajaran di kelas.Siklus II jumlah siswa yang tuntas 17 orang dengan persentase 85%. Aktivitas guru siklus II meningkat menjadi 95,60 dengan kriteria sangat baik, sedangkan siswa 85% dengan kriteria baik dan nilai rata-rata kelas 71,87.
Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA tentang Siklus air melalui model Learning Cycle 5E di kelas V SD Inpres Oepura 2 Kupang dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini terbukti terjadinya nilai maksimal ketuntasan yang ada pada siklus II yakni 85% dengan demikian pembelajaran pembelajaran melalui model Learning Sycle 5E efektif
Kata Kunci :Learning Cycle 5E, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Charles Yoseph Dalu - Personal Name
Student ID
1801140041
Dosen Pembimbing
Taty R. Koroh - 19621004 198811 2 001 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota, S.Pd, M.Pd - 9900007842 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Taty R. Koroh - - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Dal P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA