Skripsi
Analisis Strategi Pelayanan Kantor Samsat Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Di Kantor Samsat Kabupaten Flores Timur)
XMLPenelitian ini bertujuan mengetahui strategi pelayanan yang dilakukan oleh kantor SAMSAT Kabupaten Flores Timur dalam meningkatkan penerimaan pajak kendaraan bermotor. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pelayanan kantor SAMSAT Kabupaten Flores Timur dalam meningkatkan penerimaan pajak kendaraan bermotor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah berdasarkan strategi Kantor SAMSAT Kabupaten Flores Timur untuk meingkatkan pendapatan pajak kendaraan bermotor. Berdasarkan fokus penelitian tersebut, peneliti menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, Threats) yang dimiliki oleh Kantor SAMSAT dalam merumuskan strategi peningkatan penerimaan pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Flores Timur. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat strategi pelayanan dari kantor SAMSAT dalam meningkatkan pendapatan pajak kendaraan bermotor, strategi dalam meningkatkan pendapatan pajak kendaraan bermotor yang terdiri dari lingkungan internal kantor SAMSAT meliputi perbaikan kualitas pelayanan dan pembinaan kepada para pegawai. Dalam lingkungan eksternal Kantor SAMSAT meliputi sosialisasi kepada wajib pajak, bekerjasama dengan pihak-pihak terkait sebagai upaya peningkatan pendapatan pajak kendaraan bermotor dan inovasi pelayanan-pelayanan kepada masyarakat. Analisis SWOT yang dirumuskan adalah Mengoptimalkan lagi kerjasama yang dilakukan oleh kantor SAMSAT dengan pihak kepolisian, pihak desa/kecamatan, pihak Bank NTT dan dealer kendaraan bermotor, menghadirkan pelayanan SAMSAT drive thru, Menghadirkan pelayanan gerai SAMSAT, Menambah jumlah karyawan, menambah jumlah SAMSAT kecamatan, Sosialisasi kepada masyarakat dengan pemetaan wilayah berdasarkan masa pajak kendaraan bermotor dan jumlah tunggakan, Pembentukan kelompok untuk sarana kendaraan motor dan mobil berdasarakan wilayah geografis agar memudahkan pegawai dalam menjangkau wilayah wajib pajak, menjalankan pelaksanan program pelayanan door to door, menjalankan program e-samsat.
Kata Kunci: Strategi Pelayanan, Pajak Kendaraan Bermotor, Analisis SWOT
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Oktavianus Rivandi Bahi - Personal Name
|
Student ID |
1810020068
|
Dosen Pembimbing |
Sarlin P. Nawa Pau, SE.,M.Sc.CFra - 199212272019032024 - Dosen Pembimbing 1
Yohana F. Angi. SE.,MAKS - 198502022009122002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Sarlin P. Nawa Pau - 199212272019032024 - Ketua Penguji
Yohana F. Angi - - Penguji 1 Yohanes Demu - 196909071998021001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
62201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Akuntansi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
622.01 Ahi A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |