Skripsi
Analisis Dinamik Model Matematika Belanja Online
XMLBelanja online merupakan salah satu tren berbelanja yang populer di masyarakat khususnya kalangan mahasiswa semenjak pandemi COVID-19. Banyak orang tertarik untuk berbelanja online ketika mereka mendengar atau melihat penawaran menarik serta fasilitas review dan rating untuk masing-masing produk pada situs atau aplikasi belanja online (Shopee dan Tiktok Shop). Hal ini membuat banyak orang berperilaku konsumtif. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya pencegahan perilaku konsumtif pada penyebaran belanja online. Dengan menggunakan prinsip model SIR (Susceptible, Infected, and Recovered), maka dilakukan analisis sensitivitas terhadap ambang batas epidemik (R0) untuk mengetahui parameter-parameter yang berpengaruh terhadap model matematika belanja online. Simulasi numerik juga dilakukan untuk memvalidasi model. Hasil analisis menunjukkan bahwa penyebaran pengaruh belanja online di aplikasi Shopee lebih tinggi dibandingkan Tiktok Shop, dengan parameter yang paling berpengaruh adalah laju ketertarikan (αT ) dan laju ketidaktertarikan (βT dan UT ). Dengan demikian, penyebaran belanja online dapat dikendalikan dengan menurunkan laju ketertarikan dan biaya berbelanja serta membiasakan diri untuk berbelanja sesuai dengan kebutuhan.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Helena Fitriani Sabui - Personal Name
|
Student ID |
1806040037
|
Dosen Pembimbing |
MEKSIANIS ZADRAK NDII - 198305172006041003 - Dosen Pembimbing 1
RAPMAIDA MEGAWATY PANGARIBUAN - 197202242000604200 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Meksianis Zadrak Ndii - 198305172006041003 - Ketua Penguji
Rapmaida Megawaty Pangaribuan - 197202242000604200 - Penguji 1 Ganesha Lapenangga Putra - 199303232019031015 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
44201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
442.01 Sab H
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |