MODALITAS KEMENANGAN KEPALA DESA PEREMPUAN PERIODE KE-2 TAHUN 2016-2022 (Studi Di Desa Niti Kecamatan Kokbaun Kabupaten Timor Tengah Selatan)

Detail Cantuman

Skripsi

MODALITAS KEMENANGAN KEPALA DESA PEREMPUAN PERIODE KE-2 TAHUN 2016-2022 (Studi Di Desa Niti Kecamatan Kokbaun Kabupaten Timor Tengah Selatan)

XML

Penelitian ini dengan judul “Modalitas Kemenangan Kepala Desa Perempuan Periode ke-2 Tahun 2016-2022 (Di Desa Niti Kecamatan Kokbaun Kabupaten Timor Tengah Selatan)”. Kepemimpinan perempuan di desa merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat desa yang dilatar belakangi kemenangan Asnat Bansae sebagai kepala desa perempuan dua periode. Dengan terpilihnya Asnat Bansae sebagai kepala desa, masyarakat desa niti merasakan adanya kinerja yang baik serta perubahan dalam menata desa lebih baik dan berkembang. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana modalitas dalam kemenangan pemimpin perempuan dua periode di desa niti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis modalitas kemenangan yang dimiliki Asnat Bansae sebagai kepala desa periode ke-2 Tahun 2016-2022. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori modalitas menurut pierre bourdieu (1986). Di dalam teori modalitas terdapat beberapa bentuk modal yaitu modal ekonomi, modal sosial, modal budaya dan modal politik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif-kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Yang menjadi informan kunci dalam penelitian ini yaitu Asnat Bansae. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa modalitas sangat berpengaruh atas kemenangan Asnat Bansae dalam pemilihan kepala Desa Niti Periode ke-2 Tahun 2016-2022. Modalitas yang dapat dimiliki Asnat Bansae yaitu 1). Modal ekonomi yang berfokus pada sejumlah uang yang dimiliki untuk kampanye dengan masyarakat. 2). Modal sosial yang dimiliki yaitu membantu masyarakat dengan memberikan pinjaman alat dapur, membangun jaringan sosial dengan tokoh-tokoh di desa niti dan memiliki kepercayaan dari masyarakat. 3). Modal budaya yang dimiliki Asnat Bansae yaitu memiliki pendidikan yang cukup sebagai seorang pemimpin dalam desa. Sedangkan Asnat Bansae berasal dari Suku Nenokeba, dan juga didukung oleh Suku Manu, Suku Bien dan Suku Lopo Metan. 4). Modal politik yang dimiliki yaitu asnat bansae merupakan istri dari mantan kepala desa periode 2005-2009 dan pada masa kepemimpinan suaminya Asnat Bansae menggunakan kesempatan dengan menarik kepercayaan dari masyarakat. Adapun faktor pendukung dalam kemenangan Asnat Bansae pada periode ke-2 Tahun 2016-2022 yaitu Asnat Bansae merupakan kepala desa periode pertama Tahun 2009-2015 (incumbent), Asnat Bansae juga merupaka istri dari mantan kepala desa, dukungan dari Suku Manu, Suku Bien, dan Suku Lopometan serta adanya dukungan dari keluarga serta masyarakat desa niti.


Detail Information

Item Type
Penulis
ANASTASIA MANU - Personal Name
Student ID
1803040022
Dosen Pembimbing
ESRAH DISYON NINO AM BENU - 197912042009121003 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Esrah Disyon Nino Am Benu - 197912042009121003 - Ketua Penguji
Diana S. A. N Tabun - 9900007825 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 Man A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA