Kontribusi Program Hutan Kemasyarakatan Terhadap Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus Kelompok HKm Jita Sambi, Desa Tendambonggi, Kecamatan Ende, Kabupaten Ende)

Detail Cantuman

Skripsi

Kontribusi Program Hutan Kemasyarakatan Terhadap Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus Kelompok HKm Jita Sambi, Desa Tendambonggi, Kecamatan Ende, Kabupaten Ende)

XML

Semakin meningkatnya penduduk, semakin meningkat pula tingkat kebutuhan lahan. Hal ini akan membuat terjadinya alih fungsi lahan dan mengakibatkan masalah lain yaitu kemiskinan. Masyarakat miskin tidak hanya tersebar di daerah perkotaan tetapi tersebar di daerah pedesaan termasuk daerah-daerah yang yang ada di dalam dan sekitar hutan. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah melalui program Hutan Kemasyarakatan (HKm). Hutan Kemasyarakatan (HKm) adalah hutan negara yang pemanfaatan utamanya ditujukan untuk memberdayakan masyarakat setempat. Keberadaan HKm diharapakan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat yang berada di sekitar kawasan hutan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengelolaan HKm dan kontribusi HKm terhadap pendapatan masyarakat pengelola HKm Jita Sambi di Desa Tendambongi. Penelitian ini berlangsung selama satu bulan yaitu pada bulan April-Mei 2022 di Desa Tendambonggi, Kecamatan Ende, Kabupaten Ende. Responden berjumlah 29 orang yang diperoleh menggunakan metode purposive sampling dan rumus slovin, dan dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian yang didapat melalui metode wawancara menunjukan bahwa (1) Sistem pengelolaan HKm menggunakan pola tanam tumpang sari dengan menanam jenis tanaman kayu, tanaman pangan, tanaman perkebunan dan tanaman hortikultura. Tanaman yang dominan ditanam yaitu tanaman kopi, labu siam dan jahe. (2) HKm berkontribusi sebesar 73,53% terhadap pendapatan masyarakat pengelola HKm Jita Sambi, dan berhasil mensejahterakan masyarakat dengan tetap menjaga kelestarian hutannya.

Kata Kunci: Kontribusi, Hutan Kemasyarakatan, Pendapatan


Detail Information

Item Type
Penulis
THERESA NADYA RANDA MA - Personal Name
Student ID
1804070038
Dosen Pembimbing
Michael Riwu Kaho - 196307241987021002 - Dosen Pembimbing 1
ASTIN ELISE MAU - 198708072015042002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Michael Riwu Kaho - 196307241987021002 - Ketua Penguji
Astin Elise Mau - 198708072015042002 - Penguji 1
FADLAN PRAMATANA - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54251
Edisi
Published
Departement
Kehutanan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.51 MA K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA