Peran Guru Dalam Mengembangkan Interaksi Sosial Siswa Kelas IV SD Inpres Kayu Putih Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Guru Dalam Mengembangkan Interaksi Sosial Siswa Kelas IV SD Inpres Kayu Putih Kabupaten Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan interaksi sosial siswa kelas IV SD Inpres Kayu Putih Kabupaten Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan jumlah informan penelitian sebanyak 2 orang yang terdiri dari guru kelas IV A dan guru kelas IV B dan teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Inpres Kayu Putih Kabupaten Kupang khususnya pada kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peran guru sebagai pendidik dan pengajar yaitu guru mendidik dan mengajarkan hal-hal yang positif sehingga siswa bisa bersaing secara sehat dalam memperoleh prestasi. 2) Peran guru sebagai mediator yaitu guru menjadi penengah diantara siswa untuk menyelesaikan permasalahan sehingga perpecahan dapat terhindarkan. 3) Peran guru sebagai model dan teladan yaitu guru mencontohkan sikap saling menghargai dengan orang lain agar siswa bisa meneladani sikap guru dan bisa menghargai orang lain di tengah perbedaan yang ada. 4) Peran guru sebagai motivator yaitu guru memberikan motivasi berupa nasihat sebagai stimulus agar siswa mampu berinteraksi sosial dengan baik dan bertutur kata yang sopan walaupun memiliki perbedaan latar belakang. 5) Peran guru sebagai evaluator yaitu guru mengevaluasi siswa dengan memberi bimbingan dan hukuman agar dapat meningkatkan sikap dan kepribadian yang baik pada siswa. 6) Peran guru sebagai demonstrator yaitu guru mendemonstrasikan dan menciptakan proses pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif bekerja sama sehingga interaksi sosial siswa berjalan dengan baik. 7) Peran guru sebagai komunikator yaitu guru mengomunikasikan kepada siswa tentang hal-hal baru yang ada di sekitarnya sehingga siswa bisa menerimanya. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa dalam mengembangkan interaksi sosial siswa kelas IV guru sudah berperan cukup maksimal. Melalui contoh teladan dan penuh tanggung jawab dalam segala aspek kegiatan yang berkaitan dengan interaksi sosial siswa di sekolah dapat menjadikan guru kelas IV sebagai panutan yang adil dan bijaksana untuk dicontoh oleh para siswa.
Kata Kunci: Peran Guru, Interaksi Sosial


Detail Information

Item Type
Penulis
Cylian J.S Mbau - Personal Name
Student ID
1801140070
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Sarah Nurhabibah, S.Pd., M.Pd - 19941127 201903 2 024 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Sarah Nurhabibah - 199411271019032024 - Penguji 1
Taty R. Koroh - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Mba P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA