Deskripsi Pembelajaran Pjok Berdasarkan Sarana Dan Prasarana Serta Motivasi Belajar Siswa Di SD Inpres Oesapa

Detail Cantuman

Skripsi

Deskripsi Pembelajaran Pjok Berdasarkan Sarana Dan Prasarana Serta Motivasi Belajar Siswa Di SD Inpres Oesapa

XML

Tujuan penelitian adalah mendeskrpsikan serta menguraikan Pembelajaran PJOK Berdasarkan Sarana Dan Prasarana Serta Motivasi Belajar siswa yang terlaksana di SD INPRES OESAPA kelurahan Oesapa kecamatan Kelapa Lima. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Penelitian ini menghasilkan faktor-faktor yang mempengaruhi sarana&prasarana dan motivasi belajar siswa. Yakni yang terdiri dari sarana dan prasarana: (1) alat peraga, (2) media pembelajaran, (3) lapangan olahraga. faktor- faktor yang mempengaruhi motivasi belajar dibagi menjadi dua yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik . Motivasi intrinsik: (1) keinginan untuk menjadi ahli dan terdidik, (2) belajar yang di sertai minat, (3) belajar yang di sertai perasaan senang. Motivasi ekstrinsik: (1) belajar demi memenuhi kewajiban, (2) belajar demi memperoleh kebutuhan, (3) belajar demi memperoleh hadiah, (4) belajar demi meningkatkan gengsi, (5) belajar demi memperoleh pujian dari guru, orang tua, dan teman, (6) adanya ganjaran dan hukuman.
. Data yang diperoleh dengan menggunakan angket penelitian, hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikasi antara sarana dan prasarana terhadap motivasi belajar siswa, dikarenakan adanya pembongkaran ulang sarana dan prasarana sehingga kurang memungkinkan siswa untuk mengikuti pembelajaran. Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada pihak sekolah untuk cepat menyelesaikan renovasi sarana dan prasarana sekolah sehingga siswa bisa kembali mengikuti pembelajaran dengan normal tanda ada kendala yang menghalagi mereka untuk belajar. Dan kepada seluruh siswa siswa hendaknya meningkatkan motivasi belajar agar lebih percaya diri dan fokus dalam belajar walaupun ada sedikit kendala yang dibatasi meraka untuk belajar.

Kata kunci: Sarana dan prasarana, motivasi belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
SANDRO O.O SABAH - Personal Name
Student ID
1701150109
Dosen Pembimbing
Maria Andriani Barek Ladjar - 199003262019032015 - Dosen Pembimbing 1
Michael J.H Louk - 198705202019031015 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Al Ihzan Tajuddin - 199004022019031012 - Ketua Penguji
Maria Andriani Barek Ladjar - 19900326201932015 - Penguji 1
Michael J. H. Louk - 19870520201531015 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
85201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
852.01 SAB D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA