Pengaruh Model Bermain Peran Dalam Pembelajaran Tentang Hidup Sehat Dan Aman Terhadap Hasil Belajar Siwa di Keals IV Sekolah Dasar Inpres Oeba 1 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Bermain Peran Dalam Pembelajaran Tentang Hidup Sehat Dan Aman Terhadap Hasil Belajar Siwa di Keals IV Sekolah Dasar Inpres Oeba 1 Kota Kupang

XML

Masalah dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan pada model bermain peran terhadap hasil belajar tentang hidup sehat dan aman di siswa kelas IV Sekolah Dasar inpres Oeba 1 . Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Experimental Design dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Postest Design . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik dan instrument pengumpulan data: 1) Tes. Instrumen penelitian yaitu tes berupa pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan, terlebih dahulu digunakan pengujian validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Setelah data terkumpul selanjutnya dianalisis agar digunakan untuk uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada model bermain peran terhadap Hasil Belajar bahasa indonesia. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 83,48 lebih tinggi daripada pembelajaran sebelum diberikan perlakuan yaitu 57,31. Pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS dilakukan dengan uji t atau student t test. Berdasarkan data diperoleh nilai signifikansi 2,093 > 1,974, Hal ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antar variabel. Ini menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing variabel. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar bahasa indonesia antara sebelum menggunakan model bermain peran dan sesudah menggunakan model bermain peran pada pembelajaran.
Kata Kunci : Model Bermain Peran, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Yublina Taosu - Personal Name
Student ID
1801140004
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 TAO P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA