Skripsi
Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tentang Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 1 Siklus Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V Sd Inpres Lasiana Kota Kupang
XMLTujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang tema 8 subtema 2 pembelajaran 1 Siklus Air melalui model Problem Based Learning pada kelas V di SD Inpres Lasiana Kota Kupang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 4 tahap sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dengan siswa yang berjumlah 30 orang, dengan rincian 14 siswa dan 16 siswi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini diadakan di SD Inpres Lasiana Kota Kupang dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada kegiatan siklus I menunjukan terdapat 19 siswa (63,33%) tuntas dengan alasan siswa mampu mengikuti pembelajaran dengan baik, memahami materi yang diajarkan, menyelesaikan soal tes dengan baik, dan beberapa orang yang tuntas karena aktif dalam kelompok diskusi yang dibuat. Selain itu terdapat 11 siswa (36,66%) yang tidak tuntas dengan alasan siswa tidak memperhatikan penjelasan guru, ragu dalam menyampaikan pendapat dan mengajukan pertanyaan, suka bermain dan tidak aktif dalam diskusi kelompok, dan siswa belum mampu menemukan suruhan dari guru tentang aspek-aspek yang terdapat pada gambar yang ditunjukan. Hasil pada siklus I kemudian meningkat setelah dilakukan tindakan siklus II yang menunjukan presentase ketuntasan mencapai 100% atau 30 orang siswa yang tuntas karena sudah mampu menganalisis, menemukan, dan memecahkan masalah dengan tepat dan kekurangan pada siklus I telah dipahami oleh siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran tenatng tema 8 subtema 2 pembelajaran 1 Siklus Air dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VA SD Inpres Lasiana Kota Kupang.
Kata kunci: Problem Based Learning, Siklus Air, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Desdamona Famelia Kukun - Personal Name
|
Student ID |
1801140026
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Penguji 1 SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Kuk P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |