Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tentang Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 1 Siklus Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V Sd Inpres Lasiana Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tentang Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 1 Siklus Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V Sd Inpres Lasiana Kota Kupang

XML

Tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang tema 8 subtema 2 pembelajaran 1 Siklus Air melalui model Problem Based Learning pada kelas V di SD Inpres Lasiana Kota Kupang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 4 tahap sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dengan siswa yang berjumlah 30 orang, dengan rincian 14 siswa dan 16 siswi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini diadakan di SD Inpres Lasiana Kota Kupang dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada kegiatan siklus I menunjukan terdapat 19 siswa (63,33%) tuntas dengan alasan siswa mampu mengikuti pembelajaran dengan baik, memahami materi yang diajarkan, menyelesaikan soal tes dengan baik, dan beberapa orang yang tuntas karena aktif dalam kelompok diskusi yang dibuat. Selain itu terdapat 11 siswa (36,66%) yang tidak tuntas dengan alasan siswa tidak memperhatikan penjelasan guru, ragu dalam menyampaikan pendapat dan mengajukan pertanyaan, suka bermain dan tidak aktif dalam diskusi kelompok, dan siswa belum mampu menemukan suruhan dari guru tentang aspek-aspek yang terdapat pada gambar yang ditunjukan. Hasil pada siklus I kemudian meningkat setelah dilakukan tindakan siklus II yang menunjukan presentase ketuntasan mencapai 100% atau 30 orang siswa yang tuntas karena sudah mampu menganalisis, menemukan, dan memecahkan masalah dengan tepat dan kekurangan pada siklus I telah dipahami oleh siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran tenatng tema 8 subtema 2 pembelajaran 1 Siklus Air dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VA SD Inpres Lasiana Kota Kupang.
Kata kunci: Problem Based Learning, Siklus Air, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Desdamona Famelia Kukun - Personal Name
Student ID
1801140026
Dosen Pembimbing
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Penguji 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Kuk P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA